Monday, May 2, 2016

SURAT CINTA UNTUK KARTINI, KISAH CINTA IBUNYA PARA WANITA

Hemm....
Sudah weekend, bingung mau ngapain.
Tepat deh buat kalian yang nganggur...

Cover Film Surat Cinta Untuk Kartini
Hai hai semua....
Hahahaha. Maaf lama gak posting ya gara-gara sibuk UTS. Jadinya vakum bentar. Wkwkwkwk. Btw, mungkin hari ini gua mau coba posting film lagi. Emm, kalo sebelumnya gua pernah posting film Casino Kings yang Comic 8 itu, nah hari ini gua mau coba ya iseng iseng review dikit lah salah satu film yang dari kemaren bikin gua penasaran hingga akhirnya gua nonton juga. Yang pastinya, film ini mungkin punya sejarah yang hampir mirip seperti yang pernah gua coba posting di post sebelumnya. So, bagi ente-ent yang lagi galau menjomblo gak ada pacar, mending liat aja deh punya gua. So, this is it...
Ekspresi Senang Kartini Saat Ada Yang Ingin Belajar
Cerita ini berawal saat salah seorang penduduk pribumi yang bernama Sarwadi yang diperankan Chicco Jerikho ini bekerja sebagi seorang tukang pos. Sarwadi ini punya anak namanya Ningrum dan dia ini adalah seorang duda karena dia ditinggal oleh istrinya yang meninggal karena melahirkan Ningrum. Sarwadi mengawali kehidupannya ini sebagai seorang pengantar surat di tempat kantor pos yang dipimpin oleh Pak Peter yang berketurunan Belanda. Sarwadi mulai mengantar surat pertama kali ke salah satu penduduk Belanda. Nah, bicara soal Belanda nih gaes, ternyata kalo kita nerima sesuatu dari salah satu orang, pasti yang nerima bukan orang yang dituju, melainkan pembantunya dulu. Uniknya ini, ada salah satu kisah tentang pembantu ini. Apa itu? Sabar dulu. Ekekekke. Ane tau ente dah nonton kan gan. Sabar... Wkwkwkwk. Oke lanjut. Setelah mengirim surat tadi, dia melanjutkan perjalanannya ke Rumah Bupati Jepara. Di sana, dia mau menyerahkan surat kepada salah satu orang yang dituju. Ya, namanya rumah bupati kan, apalagi rumah dinas kan, pastinya antara bilang permisi, atau masuk tapi dengan tidak menggangukan. Ya gak kaya ane gitu gan. Masuk kelas, dobrak pintu, darrr gitu kan, pas liat dosen galak, langsung pulang gua. Wkwkwkwk. Gak jadi belajar. Wkwkwkw ( #ewww -_- ). Nah, lanjut lagi. Pas dia coba ngintip ke salah satu orang yang harusnya nerima surat, tiba-tiba Sarwadi ketemu sama dakocan, eh maksudnya Budenya. Wkwkwkw. Karena suaranya lucu aja gitu, makanya gua panggil dakocan. Dan terlihat kecil banget. Ya mungkin kalo ama gua, ya segini lah. Ya ini ini lah. Se ini gua lah. Wkwkwkk ( Ampun bude ^-^ ). Nah, awalnya tu Budenya kira ni orang siapa gitu. Ganteng juga enggak, masuk asal nyelonong gitu. Tapi, kalo ketemu orang macam Chicco sih, langsung aja pose ganteng. Wkwkwkwk. Biar kek orang orang kalo ketemu artis gitu. Wkwkwkw ( #homodetected -_- ). Karena saking bingung kan, Sarwadi kasih tau kalau itu tu dia yang udah beranjak dewasa. Ganteng, cool, dan brewok ya macam gua lah, tapi ga brewok sih. Wkwkwkw. Nah, dari sini baru deh, Sarwadi bisa ngeliat kepada siapa surat itu dikasih. Pas, diliat beh..... beh.... ya beh.... itu tu... wkwkwk.

PENASARAN YA ??? WKWKWKW

SABAR NAPE???
LAGI MIKIR NI???

MASI KEPIKIRAN UTS??? WKWKWK ( Move on bego -_- ).

Oh ya, baru ingat gua. Jadi, pas Sarwadi kasih surat itu, ternyata yang surat itu buat.... budenya yang kaya dakocan tu. Wkwkwkw ( Belum pernah dilempar galon PDAM dia -_- ).

TAPI........., BENTAR NI....

Bukan ditujukan ke budenya sebenarnya, tapi ke Raden Ajeng Kartini. Nah, dari sini baru deh Sarwadi bisa ngeliat cantiknya Kartini yang diperankan Rania Putri Sari tu bagaimana. Kartini ini dalam cerita ini merupakan keturunan ningrat. Tapi, ada yang aneh dalam film tersebut. Kalau biasanya kita foto sama keluarga gitu kan. Ya apalagi pasti kalo foto pastilah ama keluarga kandung gitu dan lebih senang lagi kalau foto sama Ayah dan Ibu Kandung. Tapi, dalam cerita ini Kartini justru foto sama Ayah Kandung dan Ibu Tiri.

LOH, IBU KANDUNGNYA???

Ya, gak ikut foto. Soalnya, kalau seorang Bupati nikah dengan wanita yang bukan priyayi, maka bisa dibilang ya sesuatu yang haram lah ya kalo jaman itu. Gak tau lah apa bahasa mereka gitukan. Pokoknya, seorang Bupati itu harus punya istri semacam priyayi gitu. Itulah mengapa ayahnya Kartini punya istri 2. Gitu. Nah, balik ke cerita. Dari sini deh, Sarwadi bercerita ke temannya yang sering dipanggil Mujur yang diperankan oleh Ence Bagus. Sarwadi menceritakan kalo dirinya sangat jatuh cinta kepada Kartini. Tapi ya namanya teman kalo sirik ya gitu. Bilangnya " Halah, emang kamu bisa dapetin Raden Ajeng Kartini itu? Dia itu priyayi loh. Anak Bupati " dengan menggunakan logat Jawa. Kalo filosofi cowok kan, pantang nyerah gitukan sebelum dicoba. Ya pastilah, Sarwadi nyoba dulu. Tapi, ada aja keraguan gitu dari Mujur kalo dia yakin Sarwadi bakal mundur. Hasilnya, sepedanya malah nyemplung di sungai gara-gara ngatain Sarwadi. Wkwkwkwk. Baru kemaren apes jadi satpam yang digebukin orang, ini lagi jadi Mujur yang punya sepeda kecemplung di sungai. Wkwkwkw. Nasib nasib. Wkwkwk. Oke lanjut lagi. Lalu, Sarwadi minta tukeran posisi sama Mujur, soalnya Sarwadi mau ketemu sama Kartini. Ya udah, mereka tukeran posisi tu. Sarwadi cuti bentar, Mujur yang nganter surat. Ya ibarat kata mah, Buah jatuh gak jauh dari pohonnya. Gara-gara tukeran itu, mereka sama-sama beruntung. Ya, Mujur ketemu perempuan cantik yang nerima surat, Sarwadi bisa ketemu Kartini. Jadi, sama-sama untung gitu. Ya, senangnya bukan maen lah. Dari situ juga, awal perkenalan Sarwadi dengan Kartini.

Iseng Banget Kak Chicco. Ngintip Siapa Tu??? ^-^
Nah, sebagai seorang lelaki yang mau dapat hati seorang wanita nih, dia waktu itu ingat kalo Kartini tu mau bikin sekolah. Kalo gak salah, pas dia coba habis nganter surat terus pengen tau Kartini tu lagi ngapain gitu sama suratnya. Kartini sendiri mau buka sekolah namanya Bumiputra, dan dari gagasan itulah semua teman suratnya mendukung keputusan dia. Dari sini lah, ya Sarwadi basa basi gitu soal diriin sekolah. Intinya mah, ehm ehm. Mau coba dekatin Kartini. Cieeeeeee. Kak Chicco coba coba ni ye..... Ciee.... yang baca pasti jomblo ya. Cieeee. Eh, kan gua juga baca ya -_-. Wkwkwkwk. Sory, khilap. Wkwkwkw ( Dasar P** -_- , udah P** Jones pula -_- #eh wkwkwk). Balik balik balik. Soal gagasan Kartini mau diriin sekolah, Sarwadi nawarin tuh kalo dirinya punya anak perempuan. Sontak, Kartini senang dong kalo akhirnya ada anak perempuan yang mau disekolahkan. Akhirnya, Sarwadi coba cari tempat buat Kartini ngajar. Ya iseng iseng ehm lah ( Dasar Jones -_- ). Setelah dapat tempat, esoknya. Kartini mulai ngajar. Nunggu nunggu nunggu kaya aku nunggu kamu #eh, tak kunjung datang. Semakin siang, semakin panas akhirnya adek adeknya minta pulang. Tapi, yang namanya itikad baik mah, buat Kartini selalu ada. Akhirnya, ditunggu lagi. Ditunggu terus. Dan.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
tetap  menunggu. Wkwkwkwk. Ya iyalah, orang ceritanya di hutan. Kan aksesnya susah. Mikir!!! ( Cak Lontong Style ). Wkwkwk. Lanjut, karena sabar menunggu, akhirnya Sarwadi datang sambil membawa anaknya. Dan, akhirnya Kartini sudah bisa mulai mengajar. Kartini sempat membawa Sarwadi dan Ningrum ke salah satu pantai agar memudahkan Kartini mengajar Ningrum dan membuat Ningrum juga nyaman belajar. Namun, mereka tidak melihat kalo ada larangan yang meminta untuk pribumi tidak menginjak pantai tersebut. Sontak aja, Sarwadi dan Ningrum panik dan lari pas ada orang Belanda datang. Namun, Kartini dengan tenang coba jelasin kalo ini adalah tanah yang boleh diinjak semua orang.

Nah, bicara soal adat dulu nih gaes, dalam cerita ini juga ada adat dimana anak perempuan dipaksa nikah dan dijodohkan dengan tidak sesuai jodohnya. Hal inilah, yang membuat Sarwadi sempat sakit. Karena dikira, Kartini nikah. Dari sakit, kemudian sempat hampir mau mati. Tapi, yang namanya teman, pasti cari akal dong.  Akhirnya, Mujur coba dah tuh cari cara buat ukir ukir tulisan Kartini. Mikir, mikir, mikir, pas besok ditunjukin dah ke Sarwadi kalo ternyata Kartini kasih semangat buat Sarwadi untuk sembuh. Pas liat tu tulisan, langsung dah, Sarwadi senang bukan kepalang. Dicobanya pergi ke tempat Kartini buat kasih ucapan terima kasih. Mujur yang harusnya senang, malah panik. Soalnya, dia berbohong soal tulisan itu. Ya namanya panik, di kejar lah tu Sarwadi. Pas ketemu, dibilang kalau tu surat tu kenapa kenapa gitu. Intinya, itu surat sebenarnya bukan tulisan Kartini, melainkan orang pos. Karena merasa ditipu, marah lah dia. Hampir dah tu kayak anjing dan kucing berantem. Wkwkwkkw. Kalo yang ini mah, gua megang Kak Chicco. Wkwkwkw. Ada lah ini itunya. Wkwkwkw ( Peace ya om ^-^.Wkwkwkw ). Lanjut lagi, akhirnya si Mujur coba jelasin kalau yang nikah tu, bukan Kartini, melainkan Kardina kalo gak salah. Pokoknya adiknya Kartini yang dipaksa nikah sama pamannya. Ya, tetaplah masih senang. Masih ada lah harapan buat dapet gitukan. Istilah kata mah, boleh nikung sebelum janur kuning melengkung. Kalo udah melengkung, ya gapapa sih. Wkwkwkwk.

Saat Kumpul Keluarga
Balik lagi ke cerita. Ini sedikit ngebut aja ya. Dalam cerita ini juga, Kartini waktu itu mau pergi ke Belanda buat sekolah di sana. Awalnya sih, orang tuanya setuju. Tapi, akhirnya mimpi itu harus dipendam soalnya, orang tuanya itu ingin Kartini nikah. Ya namanya harus patuh kan, kalau ngelawan juga harus mikir dua kali. Akhirnya Kartini nikah tu sama Bupati Rembang. Tapi, dibalik pernikahan itu, Sarwadi sempat sedih, bahkan dia sempat memarahin anaknya untuk gak usah belajar lagi. Tapi, dibalik itu, akhirnya Sarwadi sadar kalo pendidikan itu bukanlah harus ada Kartini atau tidak, melainkan di balik itu semua, jiwa Kartini untuk masa depan bangsa selalu ada. Kapanpun itu, dan dimanapun itu.

Kartini Menikah Dengan Bupati Rembang

Surat Terakhir Kartini Sebelum Meninggal
DAH, SELESAI DAH.....

Itu tadi baru sedikit bocoran dari gua. Nah, gak asik nih kalo kita gak bahas best scene. Kalo menurut gua sih, best scene dari cerita ini, ada pas ketika Kartini bicara dengan kedua orang tuanya pas mau nikah. Dari scene ini, kita bisa liat kalo Kartini sebenarnya gak mau nikah dengan umur masih muda. Orang tuanya juga ngerti. Tapi, situasi dan kondisi yang gak sinkron, dari sini jugalah Kartini nangis kalo keinginan dia dengan keinginan orang tuanya, seperti tak ada yang sesuai. Dan juga, keinginan kedua ibunya juga seperti apa yang terbaiklah buat anaknya ke depan.

Terus, apalagi ya???

Oh ya. pas Kartini coba ngebela kalo tanah ini punya orang pribumi. Dari situ, kita bisa liat kalo Kartini ini coba memberitahu tanah ini bukan milik mereka. Melainkan punya rakyat Indonesia. Kita juga bisa menilai kalau sifat berani mengutarakan pendapat ini seperti kita belajar membela mana yang benar mana yang salah, asalkan masuk dilogika. Seperti itu.

Mungkin hanya itu sih. Yang jadi masalahnya sih. Kenapa best scene versi gua, gak berentet gitu ya. Soalnya, film Surat Cinta Kartini karya Azhar Kinoi Lubis ini, banya banget kekurangannya. Maaf banget ya. Bukannya kaya mau mengatakan film ini jelek, tapi ada beberapa hal yang menurut gua film ini kurang greget. Yang pertama itu, adalah beberapa bintang film tidak bisa menguasai peran yang dikasih. Artinya, dari ekspresi, lalu coba berdialog sampai timbal baliknya seperti gak ada yang hidup. Contoh aja, ketika Sarwadi dan Kartini berbicara, seperti kayak gak ada rasa suka gitu. Terkesan gak dilepas kalo situasi suka sama suka itu gak dilihat. Entah ada masalah apa kita gak tau. Mungkin gugup atau bagaimana.

Yang kedua, karena film ini dari Jawa, tidak ada logat Bahasa Jawa asli. Adanya hanyalah dialeg semacam ditekan kan dengan ada gaya Jawanya. Tapi, hal ini justru membuat yang nonton juga merasa semacam jenuh, kecewa atau berekspresi yang gak ada artinya. Sebenarnya, sang sutradara atau penulis bisa gitu coba liat liat film daerah yang menggunakan bahasa asli sana. Itu lebih bagus ketimbang hanya logat saja tapi tetapi unsur daerah yang mau dilihat atau ditonjolkan seperti ada yang hilang. Lalu, kontak bicara antara peran juga kurang sehingga tadi, gak ada yang hidup. Seharusnya, ada yang berani membuka dan juga ada yang berani membalikkan. Harusnya seperti itu. Lalu, promosi film ini kalo yang gua lihat, gak terlalu ramai. Malahan, yang nonton sepi banget. Paling cuman ada berapa gitu yang nonton. Padahal gua nonton di hari weekend loh. Harusnya ramai gitu, tapi ya sepi banget. Ini harus lebih diperhatikan lagi apa yang kurang.

Tapi, dibalik kekurangan pastilah ada kelebihan. Yang pertama, lokasi syutingnya bagus dengan mengedepankan panorama jaman dulu, ditambah lagi pemandangan pantainya luar biasa. Itu yang membuat film ini seperti menunjukkan kalo Indonesia ini kayak akan panorama alam. Lalu, salah scene yang bagus, tadi. Ketika dialog Kartini dengan ayahnya Kartini seperti antara serba salah. Dan, ceritanya juga seikit menghibur. Apalagi, pas openinh itu, dia gak langsung ke cerita, tapi basa basi dulu dengan muridnya kalau gurunya mau begini. Sampai ada anak kecil yang nangis. Cowok lagi. Awalnya gak mau, tapi malah kepengen. Wkwkwkwk. Tu anak kecil belum pernah disambit kali yak pake martil. Hahahah #LOL #ROTFL

Kalo tokoh favorit gua, gua lebih suka sama budenya Sarwadi. Soalnya kocak sih. Wkwkwkwk. Lucu aja gitu. Gemesin dari gaya ngomong sama tingkah lakunya. Lucu banget kayak dakocan. Wkwkwkwkwkw ( Punten dalem Sewu Bude #smile . Wkwkwkk ). Dah itu aja mungkin. Wkwkwk. Kalo sisanya, gua apresiasi karena sudah mencoba untuk memberi ilmu kepada seluruh penonton di Indonesia. Kita beri tepuk tangan. Yeahhhhh.....

Dah, mungkin segini aja kali yak. Tapi intinya, Thank You banget gaes yang udah baca. Jangan lupa juga, untuk memberi respon kalian berupa komentar, saran atau kritik. Tapi ingat!!! Harus gunakan bahasa yang baik, karena kita "WARGA INDONESIA YANG BAIK!!!!". Yeayyyy. Dan jangan lupa juga, untuk saksikan film SURAT CINTA UNTUK KARTINI di bioskop kalian. Dan, maaf banget kalo ada yang salah, cause i just a human, Wkwkwkwk.

Once More lagi, THANK YOU A

AND......

SAMPAI KETEMU DIPOSTING BERIKUTNYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger