Thursday, June 30, 2016

LAILATUL QODAR, MALAM BERKAH UMAT ISLAM

بِسْمِاللّهِالرَّحْمَنِالرَّحِيْمِ


Assalamualaikum Warrahmatullahhi Wabarakatuh...
Alhamdulillah, kita bertemu kembali di mamah dan......., eh salah lah. Wkwkwk. Ane lagi gak bikin acara lah di tv. Wkwkwkw. Tapi, btw gimana ni kabarnya teman-teman semua. Inshaa Allah sehat-sehat aja ya. Sama, ane juga sehat nih gan. Heheheh. Lama gak ngepost, jadinya baru bisa ngepost sekarang. Maklum, lagi UAS ane nih. Heheheh. Tapi, alhamdulillah ane udah menjelang selesai, jadi bisa ngepost dikit lah. Wkwkwkwk. Sebelumnya, ane mau coba bahas tentang puasa nih gan, tapi karena udah mau abis alias go to the end, gua bingung jadinya mau ngapain. Tapi, bicara soal puasa, dan momentnya lagi pas-pas banget nih, ane mau coba bahas salah satu materi yang ane kasih judul "Lailatul Qodar". Mungkin udah pada tau la apa itu malam Lailatul Qadar. Tapi, gak ada salahnya kan ane bahas dikit. Ya kan, so... cekidot ae gan

Nah, bicara soal malam spesial ini, banyak orang mungkin sudah tau tapi kadang suka ngelewatin ni malam spesial. Ada yang alasannya cape kerja macam bang toyib ( Sayangnya bukan abang gua sih. Xoxoxo -_- ), terus ketiduran, begadang atau apalah gitu. Ya, ane gak salahin pendapat ente-ente gan. Cuman kan ada lah pasti satu hari libur gitu atau biasanya kan sepuluh malam terakhir kan pasti udah sepi antara sekolah, kampus, kantor dan macam-macam. Ya enggaknya sih coba aja dulu sekali gitu gan. Tapi, btw sih kalo nyambung soal yang di atas, yang soal alasan itu, ane mungkin mau coba jelasin apa sih malam Lailatul Qodar itu? Lalu istimewanya apa sehingga harus dijemput? Coba baca dulu Surah Al-Qadr dari ayat 1-5 dengan khusyuk ya

Source : www.whitemommy.com

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang
1. Sesungguhnya Kami telah menurukannya ( Al-Quran ) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan
5. Malam itu ( penuh ) kesejahteraan sampai terbit fajar

Nah, sudah paham kah kalian apa itu malam Lailatul Qadar? Jadi, malam Lailatul Qadar itu adalah malam kebaikan dimana malam ini jauh lebih baik dari seribu bulan. Dimalam ini biasanya banyak kebaikan-kebaikan yang turun dimalam ini. Bagi yang melakukan kegiatan yang menjurus ke arah kebaikan, maka akan diganjar pahala yang lebih besar dari seribu bulan. Ditambah lagi, kalo ente-ente baca Al-Quran walau satu ayat saja dimalam ini, itu artinya ente lagi memperingati sekaligus lagi dapat pahala dari Allah di malam Nuzulul Quran. Terus, ente juga bisa banyak dzikir, terus nangis-nangis ingat dosa atau mungkin bisa curhat langsung ni ke Allah, karena Allah langsung turun tu ke Bumi buat dengar curhatan ente doang tu. Bahkan, dari curhat ente doang nih, Allah bisa ngabulin langsung apa yang ente minta. Hebat gak malam istimewa ini. 

Terus, apa yang kita lakukan di malam ini dan apa tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar?

Dalam salah satu hadits Nabi Allah Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Muslim, bersabda :

" Nabi Muhammad SAW selalu I'tikaf pada sepuluh Malam Terakhir "  

- Hadits Riwayat Muslim -

Adapun juga hadits Nabi Allah Muhammad SAW yang  kembali diriwayatkan oleh Muslim, bersabda :

" Aisyah RA berkata : Rasulullah SAW jika telah masuk sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan, beliau menghidupkan malam untuk beribadah, membangunkan istri-istrinya dan bersungguh-sungguh dalam ibadah dan menjauhi istri "

- Hadits Riwayat Muslim -

Dalam riwayat Bukhari pun, Nabi juga bersabda  :

" Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan Iman dan mengharap Pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosanya yang dahulu "

- Hadits Riwayat Bukhari -

Nah, dari hal di atas bisa ane jelaskan kalau Nabi melakukan malam istimewa ini di saat sepuluh malam terakhir. Kalo gampangnya, ente liat aja kalender, lalu itung satu hari sebelum tanggal merah. Nah, itung mundur dah biar pas sepuluh hari. Di situ malam Lailatul Qadar turun. Lalu, apa yang Nabi lakukan. Dari keterangan hadits di atas sudah dijelaskan, kalau Nabi melakukan i'tikaf  atau berdiam diri seraya beribadah hingga terbit fajar. Nabi pada malam itu, memohon ampun akan dosa dirinya sendiri dan juga umat Nabi Allah Muhammad SAW baik yang masih ada maupun yang tiada. Tuh, Nabi aja yang udah dijamin masuk Surga aja masih mohon ampun buat kita lagi. Masa ente-ente kagak. 

Terus, tandanya apa saja kalau malam itu tiba. 
1. Suhu disekitar normal. Gak dingin, gak panas, dan situasinya kalau ane bilang sunyi tapi enak gitu.
2. Posisi bulan tidak terlalu penuh. Terlihat seperti sabit atau setengah bulan.
3. Matahari terbit di pagi hari dalam kondisi seperti cerah tapi tidak bersinar.

Dan  masih banyak lagi kalo ente-ente bisa cari dari sumber lain

Nah, sampe di sini aja nih pembahasannya tentang Malam Lailatul Qodar. Intinya sih gan, sebelum malam udah kedengar takbir 3 x dalam artian udah mau Idul Fitri, mending ente cobain deh sekali-kali nikmati ni malam. Diutamakan di masjid terdekat ente aja dulu. Kalo di rumah sih gapapa. Cuman biar afdol aja. Heheheh. Dan, di malam ini juga, Inshaa Allah ane jamin, doa ente-ente langsung di jabah oleh Allah Ta'alla. Dan semoga, dosa kita juga diampuni oleh Allah dan besok saat kita meninggal, kita masuk ke dalam golongan khusnul khotimah, dan masuk surga dengan satu surga bersama Rasulullah SAW. Amiinn

Untuk saran dan kritik, ane tetap sabar menunggu. Selalu gunakan Bahasa Indonesia yang baik karena kita " WARGA INDONESIA YANG BAIK ". Hohohohohohoh.

Burung Kenari, Burung Merpati
Sampe di sini, Ane mau pamit ni

Bapak Salam ke Kota Batu
Wassalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatu


SEE IN THE NEXT POST!!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger