Friday, December 23, 2016

MLAKU-MLAKU KOTA JAKARTA ( EPISODE 1 )


Yow yow yow.
Malam semuanya gaes. Ahahahah

Akhirnya come back lagi ni gua setelah vakum akibat sibuk sana sini. Wkwkwkw. Tapi, mumpung besok hari berfree-free, jadinya gua mau ngebahas tentang something nih. 

Okay, sebelumnya sih bicara soal judul gua di atas, klo orang Jawa bilang itu " Mlaku-Mlaku Kota Jakarta ". Kalo di terjemahin, artinya yaitu jalan-jalan kota Jakarta. Mungkin tumben gitu ya, gua ngebahas kota Jakarta. Wkwkwkkw. Soalnya, gua sempat dapat jatah libur dari kampus gua dan gua pake waktu itu buat jalan-jalan keliling kota Jakarta. Jadinya......., wkwkwkwk. JALAN-JALAN DEWE alias SENDIRIAN. Wkwkwkwkw. Tapi, forget aja soal tadi. Maklum, gua orangnya cepat gabut. Heheheh. But, emang bener gua jalan-jalan dan gua dapat banyak hal apa-apa aja yang bisa gua tuang di sini. Ya mungkin ini pengalaman pertama gua sih yang beginian. Tapi, let's try aja sih...

SO, THIS IS IT.............

Bicara soal Jakarta, rasanya gak lengkap gitu ya kalo kita mungkin cuman tau sejarah, budaya apa segala macam tapi gak tau apa lingkungan Jakarta itu kayak gimana. Emmm, mungkin selama gua jalan-jalan, banyak hal yang menurut gua sih enjoy banget kalo gua liat sana-sini. Artinya, gua bisa liat perubahan Jakarta dari tahun ke tahun tu kek gimana. Tapi, itu pasti sesuatu yang relatif lah kalo dari old to new yang soal begituan. Gua gak ngebahas soal prosesnya, tapi gua akan bahas apa aja yang gua dapat soal Jakarta di sekitar gua.

HALTE TRANSJAKARTA BLOK M

Halte Blok M
Kita mulai dari awal keberangkatan. Awal destinasi perjalanan gua itu berawal dari halte ini. Kalo kalian gak tau atau lupa ( gua juga sebenarnya lupa sih pintu masuknya. Wkwkwkwk #pea ), pintu masuknya itu dari Blok M Mall. Sekedar tips aja sih buat lu yang suka jalan-jalan atau pengen coba busway dari halte ini, Blok M itu ada tiga, yaitu yang Plaza, Mall dan Square. Kalo Blok M Plaza itu, biasa yang kawasan elit yang barangnya agak mahal kalo di jual. Kalo yang Blok M Square itu kelas Menengah dan biasanya barang-barang yang versi apapun ada di sana. Nah, kalo yang Blok M Mall ini, satu-satunya tempat perbelanjaan kelas bawah dan biasanya ini banyak kendaraan umum kelas bus transit di sini. Jadi, jangan sampe nyasar kalo mau coba halte yang satu ini. Wkwkwkwk.

Nah, untuk yang Halte Transjakarta ini, gua saranin sih pake yang e-payment aja. Ya, yang kartu yang ditempel-tempel itu loh. Wkwkwkwk ( Anak Sisfo gak tau begituan, kebangetan. Wkwkwkwk -_- ). Soalnya, lebih cepat. Untuk bayarnya juga murah kok. Sekitar Rp 3.500 kalo untuk jam 07.00. Tapi, kalo untuk yang lebih detailnya sih, liat aja di web transjakarta. Itu dah komplit banget kok. Hohohoho. Nah, lanjut lagi. Untuk pintu masuknya sih, patokannya itu adalah burger yang bentuknya restorannya kayak bis, masuk mall Blok M lalu cari halte transjakarta paling ujung. Nah, di situ tempatnya. Atau, bisa juga tanya satpam kalo kalian nyasar. Wkwkwkwk. Tapi, jangan sampe lah. Orang pusat perbelanjaan kecil begitu. Wkwkwkwk. Tapi, mayan kalo oleh-oleh. Wkwkwkwkwkw

Okay, kita lanjut lagi ke tema. untuk halte Transjakarta ini, penumpangnya di bedain mana yang laki-laki, mana yang perempuan ( untuk LG****BT gak termasuk ya. Wkwkwkwk ). Untuknya yang busnya pun juga dibedain. Kalo perempuan, dia ada bus khusus transjakarta yang perempuan warnanya pink. Tapi, kalo untuk umum / semuanya, pake yang warna biru atau merah orange. Tapi, untuk tempat duduknya juga, tetap dipisahin. Yang perempuan ada yang khusus perempuan, sisanya laki-laki. 

Untuk haltenya sendiri juga, tersedia waktu keberangkatan bus sama bus itu transit dimana. Jadinya, kita bisa tau kapan bus itu sampe. Hohohoho. Pokoknya, emang good lah kalo yang dari Blok M ini.

Papan pengumuman keberangkatan Bus Transjakarta

Suasana pagi hari

HALTE TRANSJAKARTA TOSARI ICBC

Halte Tosari ICBC
Selanjutnya, halte Tosari ICBC yang berada di sekitaran Sudirman-Bundaran HI. Untuk halte ini, ini merupakan halte transit yang dimana kalo kalian mau ke Sudirman bisa turun lewat sini. Atau yang mau ke Bundaran HI, boleh lewat sini. Sebenarnya, Bundaran HI itu dulunya ada halte. Tapi dibongkar sih buat kepentingan MRT bawah tanah. Jadinya, Tosari ICBC yang jadi transit satu-satunya ke dua tempat ini. Btw, untuk halte ini memang agak kecil. Tapi, memanjang sampai ke belakang sehingga, untuk bus  transjakarta yang gandeng, bisa langsung angkut penumpang dari 3 pintu. Sayangnya sih, halte yang berhubungan dengan JPO ini untuk naik ke atas agak menyempit. Jadinya, untuk orang super luebar/ yang fat test banget harus tau diri. Wkwkwkwkw. Soalnya, bisa makan jalan ente. Kalo ente makan jalan, yang ada kita mau lewat nunggu ente dulu sejam dua jam, kalo ente kuat. Kalo udah di tengah jalan, yang ada kita lompat atau gak ke gigi R kita. Wkwkwkwk ( Piss ya πŸ˜‹ . Wkwkwkwk ).

Nah, di halte ini juga ada lift sih sebenarnya. Cuman ya sayang aja sih. Liftnya dalam kondisi rusak. Jadinya, kita musti naik tangga. Tapi, kalo misalnya ada yang mau masuk kantor, kebetulan halte ini punya akses langsung ke kantor gitu. Jadinya praktis. Tapi, kalo untuk yang kantornya di tempat lain, ya jalan kaki aja lagi. Wkwkwkw. Btw, sehat lo jalan kaki. Wkwkwkkw.

Jembatan kecil penghubung halte Tosari dengan JPO

Keadaan pagi hari di sekitar Bundaran HI - Sudirman

Liftnya rusak. Mohon segera dibetulkan yaπŸ˜‰

BUNDARAN HOTEL INDONESIA ( BUNDERAN HI )


Bundaran HI dengan hiasan baru
Kalao kita bicara soal Jakarta, gak lengkap dan gak afdol kalo kita gak bicarain Bunderan paling fenomenal. Yap, kalo orang-orang CFD minggu tu, pasti aja sasarannya ke sini. Semua kalangan, dari tua muda, kelas bawah sampe atas, pasti ke sini semua. Kalo buat pendatang, yang kek gini kudu dan wajib tau ni simbol Jakarta selain Monas. Pokoknya, ni adalah hal yang wajib untuk semua orang tau tentang Jakarta.

Kalo ditanya, apa sih maksudnya? Makanya jawaban adalah yang di atas. Yap, tempat yang gua samperin selanjutnya dari halte Tosari ICBC adalah Bunderan HI, tempat paling eksotis antara siang dan malam. Kenapa gua bilang eksotis? Untuk tukang kamera yang sering COD atau kayak gua gini, mereka pasti akan cari spot malam, karena lampu kendaraan yang berhenti itu merupakan jiwa emas bagi mereka untuk berfoto. Tapi, kalo siang, itu suasana Jakartanya dapat. Terus, di sepanjang ke Bundaran HI itu, bagi kalian para traveler, itu pasti gak akan peduli yang namanya suasana panas terik atau apapun itu. Kenapa? Soalnya, kalo kalian liat sekeliling itu, kalian bener seperti traveler yang cari sesuatu. Nah, kalo udah nyampe di dekat bunderannya /  seberangnya, itu kalo kalian mau istirahat, itu akan ditemani pohon rindang. Itu cocok buat kalian untuk istirahat. Tapi, tak jarang juga sih ada yang tidur gitu. Ya, mungkin karena enak kali yak. Wkwkwk. Tapi lumayan loh. Boleh di coba kalo yang capek. Wkwkwkwk ( Kalo yang emang punya niat gila sih. Wkwkwkwk 😁) .

Oh ya, baru ingat gua. Bicara soal yang tadi, Bundaran HI, ini bener bener di buat bagus. Kalo dulu, disekitar kolamnya itu gak dikasih pembatas, sekarang mah, dikasih pembatas gitu. Tapi pembatas kayak taman kecil gitu. Bukan taman sih, pokoknya dikasih hiasan bunga gitu. Jadinya, keliatan indah sama cantik aja gitu. Tapi, jangan sekali-kali kalian coba ngotor-ngotori yang hiasan itu. Kalo ngotor-ngotori, gua telolet lu. Wkwkwkwk ( Efek om telolet om. Wkwkwk ). Lanjut lagi. Menyambung soal yang hobi fotografer, kalo misalnya kita bicara soal tempat ambil foto yang bagus, gua kasih recomend paling bagus. Yang pertama, di jembatan Bundaran HI, itu bener bisa kerasa kalo lo mau tau Jakarta yang realnya gimana. Di mulai dari macet sampe kerja-kerja di jalan itu seperti apa, bakalan kerasa. Lalu, di dekat pohon yang gua ceritain tadi. Seberang bundaran lah yang banyak pohonnya. Sama, ambil dari pos polisi di dekat Bundaran HI. Itu lumayan lah. Pokoknya, di Bundaran HI ini, lu bakal dapat sesuatu yang beda deh. Best banget lah pokoknya.

Pohon rindang sepanjang Bundaran HI

Keren kan kalo dari atas? 
Ini kalo mau merasakan Jakarta realnya seperti apa


Nah, ini gue πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

JENDRAL SUDIRMAN ROAD ( JL JERMAN )


Jalan Jendral Sudiman
Ok, place selanjutnya adalah Jalan Jerman atau Jendral Sudirman. Kenapa gua bilang Jl Jerman? Soalnya, gua terinspirasi aja sih lagunya Project Pop yang berat di ongkos. Wkwkwkwk. Kalo kalian nanya yang mana, dengerin aja lagunnya Project Pop yang judulnya Berat di Ongkos. Wkwkwkw. Pasti ada tu πŸ˜‹. Wkwkwk. Nah, balik lagi ke jalur. Kalo bicara soal ini jalan, gak afdol ya kalo gak bicarain patungnya, yaitu Patung Jendral Sudirman. Nah, gua waktu itu sempat mau ngambil fotonya. Berhubung jauh, dan jadwal gua padet plus mager gua kambuh, jadinya gak jadi gua. Wkwkwkwkwk 😁. Maybe, next time lah gua ceritain soal sejarah beliau. Intinya, beliau Jendral besar, prajurit luar biasa dan satu-satunya pemimpin yang agamanya kuat. Hormat kami untukmu Jendral.

Balik ke topik lagi. Bicara soal Jalan Jerman ini ( gua singkat aja yak. Wkwkwk. Masih banyak sebenarnya. Wkwkwkwk), di sekitar jalan ini ada dua hal yang jadi daya tarik gua. Pertama stasiun Sudirman, sama kedua, Kali Ciliwung. Untuk stasiunnya sendiri, ya standar sih. Gak terlalu besar, cuman lumayan bagus gitu. Gua juga belum liat dalemnya sih. Tapi, next time gua coba. Sebenarnya sih, stasiun ini tu buat transit KRL yang Jabodetabek. Jadinya, kalo ada yang kerja di daerah sekitar sini, pasti berhenti di sini. Lalu, untuk kalinya sendiri. Kalo kita bicara soal Kali Ciliwung, ini sebenarnya kali paling populer. Soalnya gampang dekil gitu. Wkwkwkkw. Baru sehari bersih, besok kotor lagi. Baru sejam gak ada sampah setelah pembersihan, semenit kemudian sampah numpuk lagi. Pokoknya, dulu agak dekil gimana gitu. Ya maklum sih, Kali paling besar yang lewati Jakarta kan ini. Eh, bener gak sih? Wkwkwkwk. Ya, baca aja dulu mana kali yang paling besar dan luas di Jakarta. Btw, kalo kalian coba nengok ini kali, perubahannya ada. Kalo dulu kan, kotor, butek sama jorok, kalo sekarang itu, sampah udah mulai gak ada. Dibilang butek sih ya masih, cuman sampahnya udah mulai gak ada aja gitu. Ya, kinerja pasukan orange dibilang mantep, ya joss lah. Wkwkwkwk. Gua bukan maksudnya pro Ahok atau gimana. Cuman, memang gua liat sendiri gitu kalinya bersih dari sampah. Jadinya, enak kalo di liat. Ya, tinggal di bikin jernih itu kayak gimana. Apa dikuras dulu baru dikasi kaporit atau gimana itu gua gak tau lah. Wkwkwkwk. Pokoknya bagus aja sih.

Stasiun Sudirman

Kali paling populer se-Jakarta

Trotoar kalo ke mau ke Stasiun Sudirman

HALTE MONAS


Halte Monas yang rindang
 Nah, tempat selanjutnya yang gua singgahi, yaitu Halte Monas. Bicara soal Halte Monas, ini adalah halte terakhir buat siapa saja yang mau ke Monas. Tapi, kalo ada yang mau ke Kota Tua atau ke arah lain, tinggal tunggu aja bus lain yang ke arah tujuan yang kalian mau. Btw, bicara soal Halte Monas ini, bisa gua bilang ini adalah halte paling kecil dan agak sedikit sejuk menurut versi gua. Soalnya, dia cuman buka berapa jurusan gitu, sama memang agak sederhana bentuknya. Pokoknya agak kecil sih. Tapi, bagusnya si, di halte ini agak sejuk kalo kita keluar karena di tutupi pohon rindang. Terus, kalo nyebrang, zebra crossnya masih awet. Ditambah lagi, ada lampu lalu lintas penyebrang yang membuat kita mudah menyebrang. Jadinya, agak enak dan berasa jadi traveler sejati. Enak sih jadinya. Pokoknya kudu nikmati halte ini dah.

That's why I called Halte Rindang

PATUNG KUDA
Patung Kuda
Okay, yang terakhir ini gua akan bahas soal Patung Kuda di dekat Monas. Kalo bicara soal Patung Kuda, ini mengingatka gua soal aksi super damai 212 dimana banyak-banyak orang muslim yang mau ambil air wudhu, dari sini. Memang sih, gua liat agak luas kolamnya. Jadi, Alhamdulillah agak tercukupi. Tapi, yang buat gua menarik soal Patung Kuda ini adalah aksi prajurit berlari dengan sekitar puluhan kuda yang melambangkan perjuangan mengejar sesuatu. Dan itu hampir mirip sama dengan pahlawan kita yang mengejar perjuangan demi kemerdekaan Indonesia. Pokoknya, itu simbol yang luar biasa.

Btw, untuk lalu lintas di sekitar Patung Kuda ini, merupakan sekian tempat yang paling sibuk di Jakarta. Soalnya, banyak mobil lalu lalang dengan pengawalan polisi mengawal para pejabat pemerintahan untuk bertugas. Jadinya, gak jarang tiap menit gua dengar sirine polisi lagi kawal pejabat, entah dari dalam negeri atau dari luar negeri gitu. Pokoknya paling sibuk banget sih. Dan, di daerah sini, ada kalo gak salah tiga kantor kementrian dari Pariwisata, Pertahanan sama satu lagi gua lupa. Terus, kalo mau coba main main ke museum, di daerah sini ada museum namanya museum nasinonal yang isinya tentang prasejarah. Ya, boleh lah kalo mau coba main main sambil explore Jakarta. Hohohoh πŸ˜€.

Terus, di seberang Patung Kuda itu ada salah satu patung. Ya, tebak aja siapa dia? Hohoho. Tapi, yang bikin gua menarik itu adalah kata-katanya. Tokoh itu pernah berkata :
Who is He???
" Rasa keadilan yang dibangun dewasa ini sangatlah sulit untuk dicari...
Kepercayaan kepada keputusan pengadilan termasuk salah satu sandaran utama negara yang sangat penting, tetapi dengan banyaknya keraguan terhadap kenetralan institusi pengadilan, pemerintah akan kehilangan salah satu pilar terkuat untuk memlihara kedaulatan hukum. "

***************
Hande Lingen Volksraad
1930-1931

Untuk yang bintang-bintangnya silahkan ditebak dia itu siapa. Wkwkwkwk. Jarang-jarang kan mengulang sejarah. Wkwkwkwk. Ya, pokoknya ditebak aja lah itu kata-kata siapa. Intinya sih, beliau itu pernah bilang kalo keadilan sekarang itu seperti ombak yang selalu menerpa siapa saja yang lewat. Ya kayak sekarang lah. Tapi, dengan adanya tulisan gitu, jalan-jalan gua jadi ada manfaatnya. Wkwkwkwk

Suasana samping patung kuda

Paling sibuk dari yang lain kalo udah jam kerja


Nah, itu tadi adalah sedikit hal yang gua ceritain tentang jalan-jalan gua keliling Jakarta. Sebenarnya sih, masih banyak lagi yang mau ceriatain, tapi berhubung tangan gua capek aja, makanya gua stop. Wkwkwkwk. Intinya sih, kalo lo mau liburan, gak usah jauh jauh ke Puncak apa segala macam sampe habis-habisin duit. Dalam kota juga banyak kok. Malah kalo mau liburan yang bermanfaat, main main aja ke museum. Liburan sambil edukasi itu lumayan loh. Ya kan??? Daripada ente gabut terus buka XXX. Wkwkwkwk. Ntar ente malah itu. Wkwkwkwk ( Ya you know lah about the myths. Wkwkwkw πŸ˜‚. Ya, sering sering aja lah liat kondisi sekitar. Hohohoh

Oh ya, sedikit saran sih dari gua soal fasilitas. Mungkin gua berharap untuk JPO Monas, kalo bisa dibongkar aja atau di renov yang baru, sama perbanyak tanaman hias di JPO dan zebra cross. Jadinya, kalo nyebrang kan agak enak, sama kalo diliat di mata juga manis gitu rasanya. Jadi mencerminkan agak indah banget. 

Sebelum gua tutup, gua mau kasih sedikit foto-foto yang ya... gua gak tau menurut ente bagus atau enggak. Kalo dibilang bagus, Alhamdulillah, kalo enggak ya gak papa sih. Wkwkwkwk.

Suasana dalam Busway. Bagus lo sekarang
Suasana pagi hari kalo di Bus Transjakarta. Kerasa banget

Projek MRT Bundaran HI

Bundaran HI kalo kendaraan lagi lewat

Suasana Jalan Monas di JPO Monas
Oke, cukup gua akhiri sedikit aksi iseng gua muter -muter Jakarta. Kalo ada kritik, saran atau apapun, sok atuh mangga, saya siap nerima, asalkan gunakan tutur kata bahasa yang baik karena kita "WARGA INDONESIA YANG BAIK !!!". Wkwkwkwkw. Alhamdulillah gua masih ingat tu kata kata. Wkwkwk. Soalnya, gua lagi sibuk banget, jadinya gak nyentuh ini blog. Wkwkwkw. Tapi, mantap lah.

SO SEKIAN DARI GUA...

THANK YOU AND SEE YOU IN NEXT POSTING😁😁😁

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger