Saturday, February 11, 2017

SERBA-SERBI KOTA BALIKPAPAN


Halooo my brother and my sister semua nih.
Hohohohoho

Apa kabar nih semuanya? Akhirnya ketemu lagi ya, sama diriku yang handsome ni. Hohohoho ( HOEEEKKK πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜– ). Oke, sebelumnya kan kita sempat ngebahas tu soal sejarah Balikpapan. Mungkin gak banyak orang tau, Balikpapan tu seperti apa sih? Terus, apa sih istimewanya Kota Balikpapan? Tenang ae bossku, ulun nak jelaskan semuanya nih. Heheheheh. Kalo ditanya masih ingat gak ya soal Balikpapan? Bisa ku jawab dengan emot πŸ‘yang artinya aku masih ingat semua kok. Ya gak banyak sih, cuman setidaknya tempat di sana masih gak terlalu banyak berubah.

So, daripada kelamaan bingung-bingung gak jelas pake garuk-garuk pantat. Wkwkwkwk (Ntar dikata monyet lagi. Wkwkwkwk 😁). Langsung aja yuk kita bahas ada apa aja....

KCAWWWW BOSSKU !!!!
Balikpapan Maps ( Source : google maps )
Nah, bicara soal Balikpapan nih, mungkin gak banyak orang tau Balikpapan tu kota seperti apa. Mungkin kalo ditanya soal Jakarta, pasti jawabnya kalo gak macet, artis, banjir sama banyak lah. Tapi, kalo ditanya soal Balikpapan, paling dibikin iseng aja sih kayak " Balikpapan??? Oh..., itu lu punya papan di balik aja tu. Wkwkwkwk, " atau " Kota Balikpapan mungkin dibalik-balik kali papannya. HahahahahπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„". Mungkin bagi sebagian orang itu sejenis candaan. Tapi, bisa benernya juga loh. Kalo mau tau, kita bahas serba-serbi apa aja sih yang unik dari Balikpapan ini versi Kang Sule sendiri. Kita mulai dulu ya cess dari awal ;

1. SEJARAH KOTANYA YANG UNIK
Balikpapan Symbol ( Source : wikimedia.org )
Bicara soal Balikpapan, ternyata asal Kota Balikpapan ini hanya berasal dari dua kata, yaitu " Balik " dan " Papan ". Kalau kalian sudah membaca postingan aku yang sebelumnya BALIKPAPAN, THE HONEY BEAR CITY ( Sory, promosi. Wkwkwkwk -_- ) ternyata, asal usul nama kota ini memang tidak terlalu banyak orang tau. Ya memang sih, dulunya juga kota ini agak kecil dan tidak semua orang tau. But, guess what. Setelah aku pindah ke Jakarta dan tidak di sana lagi selama hampir 8-9 tahun, ternyata perkembangan di sana sangat cepat. Dan, memang aku akui, Balikpapan yang dulu hanya kota kecil yang semua orang belum tau, kini sudah berkembang dan jadi kota yang berkembang sangat pesat. Gak heran juga kalo banyak dari artis-artis Ibukota, main-main ke sana untuk berlibur. Bravo banget kota Balikpapan. 

2. LAMBANG KOTANYA BERASAL DARI HEWAN LANGKA
Balikpapan Mascot 
Bicara soal lambang/simbol kota Balikpapan, ternyata lambang dari kota yang pernah meraih Piala Adipura sebagai predikat kota terbersih ini berasal dari hewan langka yang hampir punah, yaitu Beruang Madu. Alasan dari terpilihnya Beruang Madu ini kemungkinan adalah, daerah Kalimantan sendiri yang bisa dibilang merupakan daerah hutan di sekitarnya. Kita tau, Kalimantan ini terkenal akan paru-paru dunia dan masuk ke dalam 3 besar kategori hutan terbesar di dunia, dimana 2 hutan ini berasal dari Hutan Amazon, Brazil dan Hutan di daerah Papua. Nah, di hutan sejenis Kalimantan ini lah, beruang madu bisa hidup dihutan tropis seperti Kalimantan. But, bukan cuman itu saja mungkin alasan jadikan beruang madu sebagai maskot. In My Opinion ( Ah elah, sok Inggris lu. Wkwkwkwk. Ngomong ama bule aja masih bulepotan πŸ˜‚), Balikpapan ini kan dulu kawasan hutan ya ( Ala sundanese dikit gaya ngomongnya ). Nah, mungkin saat itu ada peneliti yang mencoba mau meneliti keberadaan beruang madu. Karena mungkin beruang madu bisa dikatakan sebagai spesies hewan langka dan di lindungi, jadinya peneliti di sana bikin kawasan konservasi untuk perlindungan beruang madu. Dari situlah mungkin, awal diresmikan Beruang Madu sebagai Maskot Balikpapan. 

3.  SPESIALIS MAKANAN LAUT TERBAIK
Spesialis Kuliner Bpp ( Source : dutawisataindonesia.wordpress.com )
Ngomong-ngomong soal makanan nih, bos-bosku tau ndak, kalo Balikpapan ini punya selera kuliner yang mantav-mantav. Nah, salah satunya yaitu kuliner lautnya yang terbaik. Kalo kita melihat dari segi grafis Kota Balikpapan sendiri, Balikpapan ini sebenarnya berada di tepi laut. Ya hampir sama seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dll. Tapi, kalian harus tau kalo Balikpapan ini dalam soal kuliner..... ya tadi, numero uno. Apalagi kalo kalian makan kepiting kenari yang berasal dari Balikpapan. Itu bener-bener recomended pake banget. Soalnya, itu satu-satunya hidangan pembuka orang-orang kalo udah nginjak kota yang dijuluki beruang madu ini. Bahkan, Presiden Jokowi sendiri pernah icip-icip loh kepiting kenari ini. Tapi, kalo ikam pada tanya sama aku rasanya gimana, em...... gak deh. Wkwkwkwk. Soalnya aku gak terlalu senang ama kepiting. Wkwkwkwk 😁.

4. BIG DOME, BIG PARTY
Big Partynya Balikpapan ( Source : sportanews.com)
Big Dome....., Big Party??? Apa sih cess artunya?

Eits, jangan bingung dulu soal itu. Nah, kalo bicara soal Balikpapan tadi, terutama maskotnya, pasti beruang madu dan itu sangat ekstrim banget. Nah, klo misalnya Dome dijadiin salah satu yang khas, gimana cess??? Mungkin agak aneh ya. But, kalian harus tau kalo Dome ini sebenarnya salah satu gedung yang kalo kalian dari Sepinggan mau ke arah Regency atau Ke Kelurahan Gunung Bahagia, pasti lewat yang namanya Dome. Coba aja kalian pas tiba di bandara, terus kasih tau supir taksi dan bilang mau liat Dome. Pasti kalian akan terkejut. Pasalnya, kalo diartikan dari Inggris ke Indonesia kan artinya Kubah. Nah, kubah yang dimaksud itu adalah gedung serbaguna.

Lalu kenapa di bilang Big Party???

Jadi gini. Waktu aku kelas 5 dulu ( Ya jaman ane masih imut-imut banget gan. Wkwkwkwk πŸ˜‘) itu merupakan tempat diadakan semacam kayak expo-expo gitu. Gak cuman expo doang kok. Sekarang Dome itu bisa jadi tempat turnamen sekolah dalam bidang olahraga, terus konser, dan.... pokoknya banyak deh. Pernah juga kok di pake buat konser Maher Zain saat tour konser dia sama ayang embeb gue, Fatin Shidqia waktu Balikpapan ulang tahun. Wkwkwkwk ( Ayang embeb lu πŸ˜‘πŸ˜’??? Sakit jiwa ni orang πŸ˜”. Wkwkwkwk ). Btw, karena dome itu luas, ya bisa aja kok dijadiin buat olahraga. Atau, bisa juga kok buat yang doyan narsis, nampang muka di sana. Hohohohoh

5. MANTAU, SODARANYA BAKPAU
Abang, adek, encang, encingnya bakpau ( Source : ksmtour.com )
Nah, kalo di nomor 3 kan bicara soal makanan laut. Di nomor 5, itu kalian wajib coba makanan khas sana. Sebenarnya gak tau juga sih ini makanan satu ini, ada gak ya di daerah lain? But, yang aku tau sih, makanan satu ini cuman ada di Balikpapan doang sih. Btw, bicara soal mantau, ternyata bentuknya ini agak unik. Bisa dibilang, bentuknya hampir menyerupai bakpau, tapi agak kecil dan tidak ada isinya. Sangat different banget dengan bakpau yang isinya bermacam-macam. Tapi, mantau ini bisa dicicipi kok pake daging. Cuman, kalo aku pribadi sih, gak usah pake campuran apa-apa. Soalnya rasanya manis dan oh ya, mantau ini agak padat. Dulu aku kalo mau beli itu, ada kok di daerah pasar malam arah ke Dome. Aku lupa dimana tempatnya, sama gak tau deh dia masi jualan atau gak. Soalnya, di sekitar situ ada mantau enak.

Satu lagi, mantau ini bisa kok jadi bahan cemilan ole-oleh buat teman-teman kalian, khususnya kalian yang mampir ke Balikpapan. Kalo aku bilang, bukan ke Balikpapan namanya kalo gak coba mantau. Hehehehhe.

*Jadiingueendorsemantaudong😁

6. TAMAN BEKAPAI
Taman Utama Balikpapan ( Source : wikimedia.org ) 
Kalo kalian misalnya search di google dengan tulisan balikpapan, maka kalian akan ketemu gambar taman seperti yang di atas. Nah, nama taman ini adalah Taman Bekapai. Bisa dibilang, ini taman paling terbaik dan terbagus di Balikpapan. Kenapa dibilang terbagus? Soalnya, taman ini juga, selain buat tempat kumpul muda-mudi kalo lagi malming ( Yang jomblo bisa nongkrong juga kok. Asal kuat aja kalo ada yang bedua. Ekekekek πŸ˜‚) bisa juga jadi lokasi wisata buat melepas penat. Apalagi kalo malam hari ditemani lampu yang beautiful banget. Mungkin Bunderan HI punya Jakarta, kalah mungkin. Hohohohoo.

Nah, di taman ini juga ada semacam jenis hewan kayak menyerupai keong tapi aku lupa namanya apa gitu. Soalnya, waktu itu pas aku ada acara dari TPA aku, aku kan main ke sana. Nah, aku ketemu hewan itu, terus aku bawa pulang. Ya, maklum sih, masa kecil yang agak tragis bin aneh lah. Wkwkwkkw πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„. Oh ya, satu lagi. Kalo mau foto, jangan berdiri dekat-dekat kolam. Soalnya juga, teman aku dulu pernah jatuh ke situ dan basah kuyup. Wkwkwkwk. Mungkin, kalo sekarang udah dipageri kali yak. Biar aman 😊.

7. PASAR KLANDASAN, PASAR SERBAGUNA
Serba-Serbi Oleh-Oleh Khas Balikpapan ( Source : favehotels.com )
Nah guys, kalo kalian misalnya ke arah Taman Bekapai, jangan lupa buat mampir dulu di Pasar Klandasan. Kalo bicara soal Pasar Klandasan ini guys, pasar ini bisa dibilang sebagai pasar serbaguna. Kenapa serbaguna. Kalo kalian coba main ke sana cess, itu banyak kok yang dijual. Bisa dari sayur mayur, alat sekolah, perlengkapan rumah tangga, peralatan olahraga, dan pokoknya banyak deh. Kalo gak salah juga, di dekat situ ada juga sih tempat jual tiket kapal sama pesawat. Tapi itu dulu sih. Gak tau masih ada apa enggak. Heheheh.

Oh ya, jangan lupa buat mampir ke salah satu tempat kuliner di sana. Di dekat Pasar Klandasan itu juga, ada tempat jual Coto Makassar. Itu kalo kalian mau tau, penyajiannya agak unik sih. Beda dari soto-soto yang lain. Dan, ada kemungkinannya juga kalo penjual di sana itu berasal dari Makassar asli. Ya, coba aja dengerin logatnya kalo mau tau. Heheheheh 😊. And, itu recomended banget buat kalian yang baru tiba dan mau yang asem-asem.

8. ANGKOT = TAKSI???
Angkot Unik Balikpapan ( Source : ikhwanalim.wordpress.com )
Agak terdengar aneh kali ya kalo bicara soal angkot. But, guess what, pernahkah terpikir kalo angkot itu dipanggil taksi? Mungkin gak banyak orang tau, apalagi orang asli sana panggil angkot seperti itu. Tapi, kalo aku cari dikamus Bahasa Gaul Balikpapan yang pernah teman aku share, ternyata kalo angkot itu, dipanggilnya taksi. Agak aneh kali ya??? Tapi, bukan cuman itu doang yang unik. Kalo misalnya, naik umum di sana dalam tanda " Taksi ", tempat duduknya juga lucu kok. Kalo biasakan daerah lain angkotnya kalo duduk ke samping, ini malah ke depan. Hohohoho. Agak lucu ya.

9. LAPANGAN MERDEKA
Lapangan Merdeka Bung ( Source : tribatanews.com )
Tempat nongkrong udah, terus kuliner juga udah. Tempat cinderamata juga udah. Apa lagi ya yang kurang? Nah, kalo kalian sudah coba semuanya, tapi masih kurang, maka Lapangan Merdeka ini solusinya. Kenapa harus Lapangan Merdeka? Jadi gini urutannya kalo gak salah. Dari Klandasan, lewati Bekapai, itu kalian jangan langsung tanggung buat pulang atau balik ke penginapan. Kalian harus coba liat panorama indah Lapangan Merdeka. Nah, di Lapangan Merdeka ini, kalian bisa liat hamparan laut yang luas dan derasan ombak yang mantav. Apalagi kalo udah ditemani alat musik gitar sambil nyanyi-nyayi, itu benar-benar.... beh............ amzaing lah kalo kataku. Lalu, kalo kalian mau merasakan CFD ala Balikpapan, di sinilah tempat yang paling cocok. Dulu, aku pernah main ke sana buat main bola dan itu lumayan banyak banget orang-orang yang main di sini. Bahkan, sebelum ada CFD aja, ini sudah jadi tempat penghilang letih selama aktifitas Senin-Jum'at.

Oh ya, di seberang Lapangan Merdeka ini juga ada Masjid kok. Namanya kalo gak salah lo ya, Masjid Istiqomah dan itu benar-benar bagus banget kalo buat solat. Pernah juga aku solat di situ dan itu benar-benar adem. Pokoknya enak deh di Balikpapan itu.

10. SEPINGGAN AIRPORT
Say Hello πŸ˜„ and Say Good Bye 😭  ( Source : static.panoramio.com )
Kak, kok Sepinggan masuk di sini sih? Jangan kaget dulu nak....,Hehehehe 😁. Kalian tau gak kalo Bandara Sepinggan ini sebelumnya gak sebesar yang sekarang ini? Mungkin agak konyol ya pertanyaanya. Hehehhe 😊( Lagi nanya mah yang apa gitu kek -_- ).Tapi, ya. Itulah Bandara Sepinggan yang kini berubah jadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman ( Kayak nama gue ya belakangnya. Wkwkwkw πŸ˜€#berharapjadiendorsedisana ). Bandara yang dulunya ini kecil dan hampir mirip seperti ya gedung mall yang agak biasa, kini disulap jadi Bandara megah, besar, dan benar-benar super sibuk seperti Soekarno Hatta. Bahkan, sempat dianugerahi juga kalo gak salah sebagai bandara terbaik, oleh otoritas penerbangan. Nah, kalo bicara soal Sepinggan ini, bisa dibilang, ini adalah tempat yang bisa bikin kalian senang, dan bisa juga bikin kalian sedih. Senangnya apa? Kalo kalian tiba di Balikpapan, itu artinya kalian berada di surga yang membuat kalian tidak sabar untuk melihat-lihat isi kota Balikpapan itu seperti apa. Sedihnya apa? Ya, kalo kalian pulang, mungkin ini adalah pengalaman terbaik kalian bisa main ke sini. Ya, pada intinya sih, Balikpapan punya kenangan indah yang gak bakal dilupain semua orang.

Finally, itu adalah segala serba-serbi tentang Kota Balikpapan. Sebenarnya sih, masih ada banyak serba-serbi tentang Balikpapan dari Teritip, terus gedung walikotanya, terus pusat kilang minyaknya, bahasanya, dan...... pokoknya banyak lah. Mungkin next time lah ya kita bahas lagi. Hehehehehe

And, makasih banget loh buat kalian yang udah baca. Jangan lupa lah ya, main-main ke Balikpapan. Karena di sana banyak hal yang gak akan kalian temui di Balikpapan. Pokoknya mantep terus. Heheheh. Dan jangan lupa, saran kritik tetap aku tunggu, asalkan gunakan bahasa yang baik, karena kita  "WARGA INDONESIA YANG BAIK!!!". HOHOHOHπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Btw, karena ini dalam rangka HUT Kota Balikpapan..... aku mau ucapkan

SELAMAT ULANG TAHUN KE 120!!!

TETAP JADI KOTA TERBAIK DAN KOTA YANG SEMAKIN BAIK UNTUK KE DEPANNYAπŸ‘πŸ‘πŸ‘

#BALIKPAPANBISA!!!

SAMPAI JUMPAπŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹

#plisjadiingueendorsebalikpapanyak

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger