Monday, March 20, 2017

BACK TO PAST, MEMORI MASA KECILKU (2)

My Lovely School
Mungkin dari kelas 3 saja, cukup mungkin ya. Sebenarnya masih membludak sih. Tapi santai ae. Kita lanjut ke kelas 4. 
Stay Cool and Calm
Bicara soal kelas 4, mungkin ini jadi awal aku belajar tentang dramatisasi. Ya..., bisa dibilang sih aku sudah bisa belajar tentang sastra semacam puisi, cerita, terus pantun dan drama yang kalo penghayatannya itu, beh........ udah dah. Tapi, semua itu dimulai saat aku baca puisi buatan guruku yang pertama. Jadi gini, waktu itu kan pas pelajaran Bahasa Indonesia saat itu. Kebetulan, guru aku itu merupakan wali kelas aku. Nah, waktu itu sempat bikin puisi " Pengemis Tua " yang diambil dari buku, karena memang saat itu kita sudah masuk materi puisi. Akhirnya, selesai tu puisinya. Satu, satu disuruh maju sesuai absen. Maju, maju, maju, maju, akhirnya giliran aku tu tiba. Pas aku baca itu puisinya, itu bener deh. Isinya bener menyayat hati. Ada semacam perasaan yang kayaknya aku tu meresapi banget isi puisinya sehingga bisa bikin aku nangis. Coba deh, kalian rasakan kalo baca puisi pake hati, terus kalian bayangkan hal itu. Dan itu yang aku alami saat itu gaeeeeeessssssssssssssss.......................... . Itu sampe Bu Sadiah itu sama teman-teman aku semua itu tepuk tangan. Dan itu bisa dibilang, sebagai ya... orang pertama yang bisa nangis mendengar puisi sedih tersebut. Makanya, kalo aku baca puisi sedih, pasti ada aja air mata yang mengalir. Subhanallah 😊. Akhirnya, dari situ pun akhirnya jadi berlanjut sebagai ciri khas ku sendiri kalo baca puisi. 

Anyway, yang namanya orang kalo sudah pintar belajar memerankan diri sesuai perannya, itu gak bakal jauh-jauh itu dari yang namanya belajar akting. Dan, dari sini lah aku mulai belajar tentang dramatisasi. Ya, bisa dibilang belajar memainkan peran. Dari puisi inilah, guru sastra aku yang namanya Pak Didin bin Abu Kocag ini mulai mengumpulkan anak-anak yang ingin belajar drama. Dan aku adalah salah satunya. Akhirnya, pas pulang sekolah itu, anak-anak yang ditunjuk ini, disuruh datang buat latihan drama. Kita diajarin pernapasan perut, terus mengekspresikan diri, bagaimana kita menjiwai peran kita, dan macam-macam lah pokoknya. Pokoknya saat itu bener-bener asik deh.

Suatu ketika, pas perpisahan SD angkatan 2007 ya kalo gak salah itu..........., itu merupakan awal aku mulai pentas. Kebetulan aku itu berperan sebagai penduduk desa sekaligus anak desa. Jadi, di awal cerita aku jadi anak desa, di tengah sampe akhir jadi penduduk desa. Ada satu insiden yang sebenarnya ini, gak taulah bener apa gimana waktu itu, tapi agak lucu gitu. Insiden itu, waktu aku motong dialog orang, dan ternyata itu memang dialog dia waktu itu. Jadi gini ceritanya, kebetulan waktu itu kan aku sempat di awal cerita itu kan main sama dia tu. Terus, pas giliran dia main kan, terus tu sampe dia ditawan sama nenek sihirnya. Nah, pas adegan dia mau teriak itu, peran kita sebagai penduduk desa, Pak RT sama Ibunya ini masuk. B*******knya adalah, saat dia teriak minta tolong sesuai gilirannya ni, aku malah teriak " HUSSS!!! INI GILIRAN AKU TO!!! ". Dan tambah b***** lagi, ngomongnya di mike + teriak pula. Wkwkwkwk😁😁😁. Sontak, semua penonton tertawa gara-gara itu dan dia juga kayak merasa bingung alur ceritanya gimana. Wkwkwkwkw ( Malah tawa ni bocah 😆😆😆😑). Hadeuuuuhhhh............ 😒. Selesai dari situ, Pak Didin ngomong apa ? " Enak aja giliran elu. Orang emang jatah dia, kok elu yang ngambil. Man......, Man😑😑😑". Wkwkwkwkwkw😆😆😆. Tapi, kalo dipikir-pikir, gua beg****k juga ya waktu itu. Wkwkwkwk. Kostum mirip Pak RT, terus salah dialog, selesainya malah............... ah sudahlah. Gak tau lah gimana episodenya. Wkwkwkwk. Yang penting mah, sukses alhamdulillah. Wkwkwkwk 😁😁😁 ( Bocah P*** 😑). Tapi, semenjak dari situ, akhirnya aku bisa bermain drama dengan baik + bisa bikin puisi. Mantap jiwa gan pokoke 😀.

Oh ya, kalo kita bicara soal naik kelas ni, ya gak akan jauh-jauhlah dari yang namanya teman baru. Waktu itu, pas ketika si Novi keluar, ada teman baru aku yang masuk. Namanya Abi. Bocahnya ini dulunya gendut sih. Terus, kalau ketawa itu ada ciri khasnya. Nahan dulu kaya kuntilanak. Wkwkwkw. Dan, kalo main bola itu, posisi dia sebagai kiper. Istilahnya, ya...... jadi bahan targetnya Rio kalo main bola. Wkwkwkwk. Tapi, kalo main di lapangan itu, bakal susah bedai mana bola mana Abi. Wkwkwkwk ( Peace ya bi 😁😁😁) . Tapi, aku gak bahas soal kehidupan aku dan Abi saat aku sekolah. Aku ingat waktu itu soal aku renang sama dia di Balikpapan Baru. Itu parah banget pokoknya. Jadi gini, waktu itu kan pas hari minggu, aku sama keluarga aku kan renang. Kebetulan juga dekatlah dari rumah. Nah, aku ketemu sama dia sama keluarganya kan. Akhirnya, kita ngobrol-ngobrol tu sambil berenang. Waktu itu kan, kebetulan di dekat aku kan ada adiknya Abi. Nah, waktu bapaknya minta adiknya keluar, adiknya malah bilang gini " Ah an*****ng ni Bapak!!!". Wkwkwkwkwk. Itu kita malah ketawa gak karuan, gara-gara adiknya ngomong gitu. Lucu lagi ngomongnya. Pe'a gua bilang. Wkwkwkwk ( Bi, bi 😂😂😂). Tapi, sekarang dia udah di Jakarta kok. Sama Fareno pula. Jadinya, aku ada teman. Hohohoho 😊.

Terus........, oh ya. Baru ingat aku. Wkwkwkwwkwkwk. Masih soal dramatisasi, tapi ini salah penempatan. Dulu, setelah UTS kalo gak salah itu kan, ada tu kayak dikasih tau nilai kita gitu. Emmm..., ya kayak lembaran ujiannya dikasih gitu sama nilainya kan. Pas dikasih itu, ada dua kejadian yang aku bilang agak terlalu lebay alias berlebihan. Yang pertama, pas ditunjukin nilai MTK itu, aku teriak histeris kayak nangis berasa dapat rejeki 1 Milyar gitu. Dan yang kedua, aku dapat nilai IPS, itu teriak plus nangis berasa dapat rejeki 10 M gitu. Itu pokoknya, aku nangis macam kayak histeris gitu. Padahal mah, dulu nilai MTK aku itu, kalo gak salah itu 89 sama IPS itu 86 gitu (👈 Sombong!!! Pamer!!! 😒😒😒. Wkwkwkwk 😂😂😂). Tapi, seriuosly itu bener-bener terjadi. Wkwkwkwk. Padahal mah, waktu itu gak ada drama. Malah nangis. Wkwkwkwwk ( Gemblung 😑 ). Btw, ini sebenarnya terjadi waktu aku kelas 3 sih. Wkwkwkw. Makanya aku tadi rada lupa-lupa dikit. Wkwkwk ( Tampol Gan!!! 😂😂😂).

Oh ya, kalo tadi kita bicara soal teman ni, aku baru ingat suatu hal. Yaitu soal tugas anyaman waktu itu. Jadi, waktu itu kan aku dikasih tugas disuruh bikin anyaman. Nah, kebetulan waktu itu masih sekolah siang, jadinya aku agak santai kan. Pas waktu ada pelajaran KTK saat itu ( hampir sama semacam SBK ), kebetulan aku lupa bawa. Sebenarnya sih udah jadi. Untungnya sih, belum jam KTK dimulai, karena ada jeda istirahat. Aku bingung tuh mau gimana. Tau-tau ada si Yogi yang mau nemenin aku. Ya udah, aku ijin sama wali kelas dulu. Ijin, ijin, ijin, akhirnya dibolehin pulang. Itu aku sama Yogi pulang jalan kaki itu ke rumah aku. Untungnya sih, rumah aku kan di Rengganis. Jadi, tinggal nyebrang doang. Nah, akhirnya kita jalan tu. Jalan, jalan, jalan, akhirnya tiba di rumah tu. Nah, tau tau si Yogi nanyain " Man, ada air dingin gak? Aus nih.". Akhirnya, ku bawa dia ke bagian belakang rumah. Kebetulan, belakang rumah itu agak enak. Jadinya, kalo ngumpul keluarga itu, tinggal ngumpul dibelakang aja sih. Hohohoho. Balik lagi, akhirnya si Yogi buka kulkas tu. Pinternya dia adalah, saat dia buka kulkas, itu matanya jeli aja ngeliat ada anggur disitu. Wkwkwkkwkw. Akhirnya dia bilang " Man, ada anggur nih, man. Bagi satu ya?". Karena namanya juga udah jalan jauh terus teman kan, akhirnya aku kasih aja satu gitu. Akhirnya diambil sama dia tu. Itu dari rumah sampai ke sekolah lagi tu, bicara soal anggur...... mulu. Wkwkwkwkwk. Dan hebatnya lagi adalah, pas kita jalan santai itu, kebetulan kan lewat rumahku. Itu dia bilang " Man, rumahmu lagi yok. Minta anggur. Wkwkwkwk 😁😁😁". Yogi, yogi. Aya, aya wae eta mah. Wkwkwkw.

Mungkin segitu kali yak yang kelas 4. Oh, sebentar. Baru ingat satu hal. Kalo gak salah itu, waktu itu aku ada pergantian kepala sekolah yang baru. Jadi, kalo gak salah itu ya, Bu Sri Rahayu, kepala sekolah aku yang dulu itu, dimutasi. Digantikan sama Bu Aslamiah. Nah, waktu itu aku ingat, kalo gak salah pas jam siapa gitu gurunya gak ada, Bu As ini masuk. Nah, tiba-tiba beliau ni masuk terus kayak kasih ceramah gitu. Pokoknya motivasi lah pertama-tama. Habis itu, Bu As kasih soal tu. Akhirnya, kita kerjain tu soal. Kerjain, kerjain, dan kerjain, selesai, dikumpul, terus langsung dinilai sama beliau. Selesai itu, beliau manggil tu satu-satu di suruh ke depan. Kebetulan, nama ku dipanggil. Akhirnya, setelah semua udah di depan, kita disuruh keluar terus disuruh baris. Taunya tu, Bu As kasih tau kalo nilai tugas kita yang dikasih Bu As tadi itu, bagus bagus, Ada yang 80, 90, 75, pokoknya, bagus-bagus dah. Nah, yang gak dipanggil ini, disuruh ngerjain lagi. Dan at the last, Bu As kasih tau kalo kita itu harus belajar yang rajin. Biar nilai kita itu gak semacam dapat nilai jelek lah istilahnya. Tapi, Bu As itu baik kok. Beliau gayanya hampir mirip seperti Bu Risma. Luar biasa pokoknya 👏👏👏. Itu tadi menutup kenangan soal kelas 4. Aku rada lupa sih kelas 4 itu ada apa aja. Tapi, it's okay lah. Next aja langsung ke kelas 5.

Kelas 5, atau bisa dibilang calon alumni ke dua, dibawah kelas 6. Ya, maksudnya semacam wakil pentolanlah kasarnya. Hohohohoh. Untuk kelas 5 ini, kebetulan yang namanya anak baru ini, lagi-lagi datang. Ada 3 orang kalo gak salah. Itu dari Hendra, Albi, Angel, sama Beatrus. Sama Vivi satu lagi. Wkwkwkwk ( Maafin aku ya vivi. Wkwkwkw 😁😁😁#antilupa #langsunginget). Kalo Hendra ini, aku lupa pindahan darimana. Cuman, kalo bicara soal game, dia rajanya tu dulu. Albi ini, kalo gak salah itu dari Jakarta. Sama kayak Beatrus. Kalo Albi ini, gayanya macam Preman Tanah Abang. Cuman, kalo soal ngelawak, bisalah. Heheheh 😀. Kalo Beatrus, ini badannya hampir besar. Macam 2X-nya Bernard Bearlah kalo aku bilang. Wkwkwkwk ( Piss Ya Trus.). Orangnya royal banget. Dan tinggalnya itu, dikawasan elitttttttttttttttttttttttt banget. Terus, Vivi itu aku lupa pindahan darimana. Cuman, kalo waktu istirahat, aku selalu pinjam Hp-nya dia buat main gamenya dia. Wkwkwkwk. Soalnya, dulu asik banget game dia. Dari Hp-nya Abi, Vivi, sama gua pun dijadiin bahan mainan kalo istirahat. Wkwkwkwkw. Terus.........., yang si Anjel ini. aku hampir salah persepsi. Jadi, pas waktu dia masuk kelas, dia itu kan bawa tas tu. Ya..., tasnya agak berbeda lah. Ada nama sekolahnya gitu. Aku kira itu, awalnya dia agamanya Kristen karena tasnya itu dari sekolah kristen. Taunya, dia itu ternyata Islam. Wkwkwkwk. Pas aku dengar ceritanya kemaren itu, keluarganya itu ternyata ada yang mualaf. Jadinya, dia ikutan jadi mualaf juga. Bukan mualaf sih, ya ikut aliran keluarganya lah. Gitu. Tapi, dengar-dengar dia itu mau ganti nama, apa. Dari anjel jadi apa gitu, aku lupa. Pernah ngomong sih sama Pak Windu. Tapi, itu urusan dialah. Hohohoho. Btw, dia cantik loh sekarang. Wkwkwkwk ( TAMPOL NIH GAN!!!!!!!😂😂😂#standingdanterbang #weeew 😁).

Btw, kan kalo dari tadi kan kita cuman bicara soal heppynya aku. Ya, istilahnya hal-hal gokil gajebo lah. Wkwkwkwk. Tapi, gak semuanya itu bisa dibilang, It's my best stories tanpa adanya masalah. Dan ini, terjadi dua kali dalam kehidupan, dan tepatnya sih aku masih ingat saat aku kelas.

Yang pertama itu, saat aku pernah ribut sama Hendri, teman sebangku aku gara-gara dia itu sering telat terus. Itu terjadi, saat dia datang ke kelas saat jam pelajaran udah mulai. Emm....., bisa dibilang sih, kalo dia sering banget ngaret. Klimaksnya itu, saat dia mau duduk, aku lagi halangi dia buat duduk. Terus, dia waktu itu bilang " Minggir man!!!" dengan mood muka yang gak tau gimana lagi. Aku cuek aja sih. Soalnya, sebelnya udah mendarah daging gitu. Dia kesal, akhirnya dia berantem tu sama aku. Ya namanya, kesal kan gimana gitu ya. Wkwkwwkwk. Lagi, dianya pake acara telat masuk sih. Wkwkwkwkkw ( Kan elu juga p**a yang bikin masalah pertama. Wkwkwkwk #SalamTampol 😁😁😁). Akhirnya, Bu Sa'diah yang jadi wali kelas aku, datang buat nenangin. Akhirnya kita baikan deh saat itu juga. Ya, gak teganya sih, dia udah nangis gitu. Ya, it's years ago. Hohohoho 😊.

Yang kedua ini, agak lucu ceritanya. Jadi, waktu itu aku sempet ribut juga tu antara aku sama Riyan atau Edo gitu sama Riyan. Aku lupa tu masalahnya apa gitu. Tapi, intinya waktu itu pernah sempat ada keributan. Nah, waktu itu ntah gimana ceritanya, tau-tau dia sempat nendang ya..................................................................... bisa dibilang salah satu tempat vital yang semua cowok itu pasti lemah. Inisialnya KL aka TT. Kalo kata gua mah, ya itu koordinat sumbu X,Y-nya (0,0). Dan itu kalo kata junior aku, tempat masa depan keluarga. Wkwkwkwk. Namanya K*******L a.k.a T*****T. Wkwkwkwkw. Silahkan anda tebak sendiri, saya ditendang yang dimananya sesuai klu yang ada. Wkwkwkwkw. Lanjut, dari situ, pas dia nendang sumbu X,Y itu, itu aku langsung jatuh ngeringis kesakitan. Dan, si Edo datang buat ngebela aku dari Riyan. Gak cuman Edo sih, yang lain juga. Tau-tau, Bu Sa'diah teriak dari depan nanya " ADA APAAN LAGI NI !?!?!?!". Akhirnya, dijelasin tu semua sama teman-teman aku tu. Dari Riyan, terus Edo, baru aku. Nah, lucunya aku tuh, pas ditanya sama Bu Sa'diah, aku malah mempraktekin kejadiannya  yang aku ditendang. Alih-alih, Yoga yang aku suruh jadi lawan main aku buat kasih tau caranya gimana. Dan, g08****knya lagi adalah si Albi malah bilang " Le, bijinya gak pecah kan???". Wkwkwkwk. Malah si Rio ngelanjutin " Parah a******ng kau yan. B****jinya Sule hampir pecah.". Wkwkwkwkw. Itu berasa macam bocah kayak hidup tanpa masa depan gitu. Wkwkwkwkw. Tapi, tetap aja bro kalo dibilang rasanya gimana, jawabannya PASTI PERIHLAH!!!. WKWKWKWKWKW 😆😆😆. But, yang kayak gitu ya...., udahlah. Ga perlu diperpanjang sampe segala macam. Namanya juga anak-anak. Wkwkwkwkw. Toh juga, ini jadi kenangan berharga bagiku sebelum aku ya............................., move to JEKARDAH. HOHOHOHOH 😊. TETAP PERIH SI BRO INTINYA 😆😆😆. WKWKWKWKW 😆😆😂😂 ( UDAHAN KEK AH!!! WKWKWKW😆😆😆😂😂😂 ).

Untuk yang soal tadi, anggap aja itu terjadi secara tidak sengaja. Wkwkwkwk ( Biar gak trauma aja sih. Wkwkwkw 😂😂😂). Balik, balik, balik lagi ke cerita awal kita. Emm......, oh ya. Kalo misalnya, kita ada tugas dari sekolah dan tugasnya itu berupa study tour. Terus, study tour itu dilakukan dengan jalan kaki ke tempat tujuan tanpa transportasi apapun. Nah, ini terjadi saat aku ada tugas Bahasa Indonesia saat materi wawancara. Gini ceritanya.

Sekitar hari Senin kalo gak salah, aku dapat tugas Bahasa Indonesia. Nah, kebetulan materinya itu adalah soal wawancara. Tugasnya itu adalah mewawancarai sebuah bisnis usaha di pameran. Waktu itu, kelompok aku itu ada Reza, Huda, Hendri, Onggi, Riyan, sama aku. Kita itu mau wawancarai tentang batu alam di pameran sana. Akhirnya, kita prepare pertanyaan lah. Prepare, prepare, prepare, akhirnya done. Hari Selasanya, kita dikumpulkan ke satu kelas. Kebetulan sih, karena jam pertama itu IPA, dan itu adalah praktek, jadinya kita belajar dulu. Akhirnya, kita belajar, belajar, belajar, selesai deh. Habis itu, salah satu guru, aku lupa siapa waktu itu, kasih tau kalo kelas 5 dan 6 itu disuruh kumpul di lapangan. Akhirnya, kita kumpul tu semua. Dari 5A sampai 6B itu, semuanya baris. Sebelum berangkat, seperti biasa pasti ada doa dan pengarahan. Selesai dari situ, kita semangat tuh. Behhhhh......., kita study tour bro....., jalan kaki bro.....😁😁😁. Wkwkwkwkwk. Tujuannya saat itu, adalah pameran di Dome. Akhirnya, kita pergi dengan jalan kaki. Itu sepanjang perjalanan itu, bener dah. Jiwa semangatnya masih mantav lah. Cieeeeeee. Wkwkwkwkwkw. Terus, pas kita jalan itu, ketemu sama SD apa gitu aku lupa namanya. Akhirnya, kita sorak-sorakin gak jelas gitu lah pokoknya. Kayak, apaan sih gitu. Macam Wa wu wa wu gitu. Wkwkwkwkw. Pokoknya, kocak dah kalo ngebayangin masa dulu mah. Wkwkwkwkwk. Lewat dari situ tu, biasa lagi. Jalan, jalan, jalan, akhirnya tiba di Dome. Kebetulan, saat itu kan Dome belum buka. Nah, di salah satu tempat itu, ada wahana rumah hantu. Akhirnya, anak-anak semua tu pada masuk di situ cuman bayar 5000. Tapi, ada yang lucu ni. Kalo gak salah, siapa gitu yang waktu itu gak punya duit, terus masuk lewat pintu keluar, dan keluarnya itu lewat pintu masuk. Wkwkwkwkw. Si Anjel atau siapa gitu. Wkwkwkwkw. Sumpah, itu g******k banget. Wkwkwkwkw 😂😂😂. Intinya, berhepi-hepilah sebelum tugas. Hahahahahah 😀. Lanjut lagi, sekitar jam 9 itu kalo gak salah, Dome akhirnya di buka untuk umum. Kita masuk tu semua. Beh, gede banget. Banyak lagi, plus rame. Pokoknya seru banget deh saat itu. Setelah kita masuk, kita liat-liat dulu tuh sambil cari mana stand batu alam. Akhirnya, kita ketemu dengan stand batu alam. Kebetulan sih, dia ini lagi jualan juga. Akhirnya kita siap-siap tu buat wawancara. Kebiasaan kita tu adalah, mau nanya aja takut. Wkwkwkwkw. Padahal, kita gak lagi nanya sama Singa Afrika. Tapi, kenapa saat kita mau nanya, malah gak ada yang berani maju. Wkwkwkwk. Yang parahnya lagi, si Hendri pake acara pusing gara-gara habis nikmati wahan rumah hantu tadi. Kan jadi parah ceritanya. Wkwkwkwk. Daripada ambil pusing, aku mulai dulu lah. Istilahnya, palain dulu lah kalau kata gua pribadi. Akhirnya, kita mulai dari perkenalan, terus jelasin tujuannya, dan at last kita wawancara. Tanya, tanya, tanya, akhirnya kita selesai deh tugas kita. Nah, kebetulan waktu selesai kunjungan itu kan masih lama ya. Jadinya, kita main-main dulu tu di dome. Kita becanda, terus lari-lari, liat-liat barang pameran, dan pokoknya tu asik banget dah. Sampe kita itu dapat pulpen gratis saat itu. Hheheheheh 😀 . Asiknya kita enjoy di dome itu, gak terasa kalo jam kunjungan udah selesai. Akhirnya kita kembali ke sekolah dulu.

Untuk proses kepulangan ini, agak sedikit berbeda dari awal-awal kita berangkat. Kalo di awal itu kita semangat jiwa 45 untuk berangkat, pas pulangnya itu berasa kayak hidup tanpa tujuan dengan pandangan yang gak jelas. Wkwkwkwk. Itu bener dah, berasa stamina udah habis dan saat itu kita kembali ke sekolah hanya dengan jalan kaki lagi. Kebayang dong capeknya. Wkwkwkwkw. Jiper jiper gimana gitu kakinya. Heheheheh. Yang konyolnya lagi adalah, kita kembali lewatin SD yang sama, yang sebelumnya kita sorakin. Pas kita lewat itu, tau-tau anak-anak yang di dalam itu nyorakin kita dengan sorakan yang sama dan saat itu juga, kita udah lemas gak bisa ngebales. Wkwkwkwkwk. Itu gua baru berpikir kalo ternyata itu, karma selalu ada. Wkwkwkwkw 😆😆😆. Hadeuh, hadeuh.....😌. Akhirnya, kita jalan dengan kondisi apa adanya. Berapa menit kemudian, akhirnya kita sampai. Dan endingnya itu adalah, sampai rumah itu, pasti pada tepar semua. Wkwkwkwkwk. Itulah kalo kita bilang " My Study Tour, My Adventure". Wkwkwkwkwk. Tapi, yang namanya karma itu gak cuman itu doang. Aku pernah nakutin teman aku yang waktu itu juga dia tetangga aku. Dulu itu aku kelas 5 dan dia kelas 4. Karmanya itu adalah, kalo kemaren kita pulang pergi jalan kaki, giliran dia study tour, perginya jalan kaki, pulangnya naik angkot. Kan kurang ajar jadinya. Wkwkwkwkwk. Kalo gitu kan, kenapa gak kita aja kemaren kayak gitu. Wkwkwkwk ( Sikat Miring bos. HAHAHAHAH 😆😆😆). Tapi, tetap itu kenangan luar biasa yang aku alami. Hahahahaha 😄 (#Semangat 😁).

Bicara soal bikin masalah, udah. Terus, episode yang lucu-lucu bin garing, udah juga. Apa lagi ya??? Oh ya, baru ingat. Kalo misalnya ada yang nanya, pernah bikin suatu hal yang berharga gak buat sekolah lu yang dulu itu? Jawabannya ada dong, dan ini memang gak bakalan forget sampe kapanpun. Pokoknya selalu ingat terus dengan hal semacam ini. Gini ceritanya...

Sekitar beberapa minggu setelah pensi waktu kelas 5 itu kan, sekolah ku dapat undangan buat ikut lomba drama. Kebetulan saat itu juga, Pak Didin selaku guru pembina drama aku ini jadi panitianya. Nah, karena sebelum-sebelumnya kita udah berani tampil di depan dengan acara pensi diberbagai event, jadinya sekolah aku didaftarin buat ikut lomba drama. Akhirnya setelah di daftarin, kita latian lagi buat persiapan lomba. Kalo sebelumnya itu kan, pas sebelum pensi itu aku latiannya sekitar pagi hari atau siang hari. Kalo yang ini, kita latian malam hari dan itu kalo gak salah itu paginya kita sekolah. But, it's okay for our self. Dari yang sebelumnya, masih ada hal yang kurang baik dari segi ekspresi, terus bagaimana kontak mata, suara, terus teks, dan keberanian di atas panggung, itu semua kami perbaiki saat latian. Kalo gak salah itu, kurang lebih sekitar seminggu apa kita latian tu. Latian, latian, latian, akhirnya kita sip dan ready untuk lomba. Setelah itu, sabtu malamnya kita istirahat dan siap-siap buat hari minggu.

Minggu pagi sekitar jam 7 itu, kita udah harus kumpul dulu di sekolah. Rencananya itu, kita berangkat bareng-bareng dari sekolah ke tempat lomba. Jadinya, kita tunggu dulu yang belum datang siapa aja. Tunggu, tunggu, tunggu, akhirnya semua sudah ngumpul di sekolah dan kita semua akhirnya berangkat ke tempat lomba. Sekitar setengah jam kurang lebih, kita sampe di tempat tujuan lomba. Kebetulan sih, lombanya itu di SD mana gitu, aku lupa. Tapi, agak lumayan dekat sih kalo dari Plaza Balikpapan sama Klandasan. Ya, dipinggir jalan lah sekolahnya itu. Karena saat itu belum ada siapa-siapa, jadinya tim kita yang pertama kali tiba di tempat lomba. Jadinya, kita keliling-keliling dulu di sekitar sekolah sambil nunggu. Nah, masalahnya itu sebenarnya ada di sini. Sebelum berangkat itu, aku kebelet tu pengen kencing. Cuman masalahnya, karena hari minggu, WC sekolah itu gak di buka. Jadinya itu, aku tahan tu sampe di sana. Pas sampe sana, WC di sana juga belum di buka. Karena posisi saat itu kita datang pertama, belum ada siapa-siapa, terus ruangan semua dikunci, akhirnya aku coba liat sekeliling sekolah, ada tempat gak buat kencing gitu. Ya istilahnya cari tempat yang sopan lah gitu. Kebetulan, di samping sekolah itu kan ada bangunan, terus kayak ada gang kecil macam kayak sekat gitu lah. Ya istilahnya buat selokan dia gitu. Akhirnya, aku coba masuk, pas di ujung itu, ada orang tidur. Untungnya sih, dia tidurnya tu rada jauh, terus diujung lagi. Ya karena kondisi kebelet, terus biar gak penyakitannya, buang aja akhirnya di situ. Wkwkwkwkwkw. Yang penting mah, lega plus gak kecium ama dianya gitu. Wkwkwkwkw ( Ishhhhhhh 😩😩😩). Btw, gua jorok banget yak. Wkwkwkwkw. Mengganggu kesenangan orang lagi tidur. Untung gak bau. Wkwkwkwkw ( Bocah p*** 😒😒😒). Udah dari situ, akhirnya aku pergi tanpa ucapkan sepatah dua kata biar gak ketahuan. BAHAHAHAHAHAHAHAHAH 😆😆😆( JOROK BANGET SIH. TAWA PULA. WKWKWKWKW 😂😂😣). Balik lagi ke soal tadi, ternyata sudah ada satu tim lagi yang udah datang. Setelah itu, tim ketiga datang dan terakhir itu tim keempat datang. Karena saat itu pesertanya cuman 4 tim dan waktu sudah menunjukkan jam 10, akhirnya ruangan buat make-up dibuka tu. Nah, untuk dandan ini karena ruangannya terbatas, jadinya kita ganti-gantian buat dandan sesuai peran kita masing-masing. Selesai dari situ, akhirnya kita ke aula sekolah itu buat ambil undian untuk tampil. Saat kita masuk, ternyata kita ketemu sama Pak Didin yang saat itu tugasnya beliau adalah jadi juri buat lomba drama ini. Cuman, kita pura-pura gak kenal aja. Biar gak ada kecurigaan gitu. Masuk, terus duduk, baru deh dipanggil perwakilan tiap tim untuk ambil undian kalo gak salah waktu itu. Akhirnya, kita dapat giliran ketiga buat tampil. Jadinya, kami nonton dulu tim lain yang akan tampil.

Aku ingat kata-kata Pak Didin sebelum tampil waktu itu. Waktu itu, pas sebelum kita mulai lomba itu beliau pernah bilang kalo ada mantan muridnya ini yang pernah jadi juara pertama lomba drama. Aku lupa SD mana gitu yang pernah dia bilang, tapi memang sekolah itu pernah Pak Didin ajari soal drama sehingga jadi juara. Kalo gak salah sih, juara bertahan apa. Berapa kali juara gitu, aku lupa. Tapi sih, intinya dia minta agar kita gak usah canggung, gak usah panik, fokus, sama konsen dan serius aja pas tampil. Juara itu urusan belakangan. Akhirnya, kita coba untuk rileks dan coba untuk menikmati penampilan tim yang lain. Nah, kebetulan ini yang tampil pertama itu adalah sekolah yang pernah dikatakan Pak Didin yang dimana, sekolah ini merupakan sekolah yang pernah Pak Didin ajari soal drama. Kebetulan juga, cerita yang dibawain ini tentang penjajahan Belanda di Indonesia saat itu. And seriously, itu pas mereka perform itu, bener-bener dah. Ceritanya keren, terus mereka cara komunikasinya bener-bener bagus, dan............................... pokoknya keren dah. Ibaratnya ni, gak usah ditonton, tapi udah ketahuan siapa juaranya. Mantap jiwa banget dah ( #respect 👍👍👍). Tapi ingat!!! Fokus dan tetap tenang, itulah kunci supaya kita bisa menang. Yang pertama udah tampil, akhirnya yang kedua tampil. Yang kedua ini kalo gak salah itu, ceritanya tentang glamour apa gitu. Kayak cerita ada orang kaya sama orang miskin, terus pamer apa, terus yang miskin dikata-katain, dan ya......., akhirnya dia kena azab gitu, jadi apa gitu. Ya kurang lebih gitu sih ceritanya yang tampil kedua ini.

Setelah nunggu dua tim, akhirnya kita yang tampil ketiga. Jujur sih, waktu itu kita kayak takut-takut gimana gitu. Soalnya kan, lawannya ya tadi. Mantan murid, juara bertahan, dan juga performnya bagus. But, it's okay about that. Fokus dan tenang, itulah yang kami bisa lakukan. Akhirnya, kita mulai itu perform kita dari prolog /  cerita awal, terus kita diam seolah kayak di...................................................................., macam kayak cerita rakyat anak-anak gitulah. Istilahnya itu, patung pembuka sebelum roll and action gitu. Setelah selesai, akhirnya kami mulai tu jalan ceritanya. Pertama itu, aku bermain peran sama Della saat itu. Posisinya, aku tetap jadi anak desa sama penduduk desa, sementara si Della ini merupakan karakter utamanya. Habis itu, selesai dari situ, gantian bermain tu. Dari Della sama aku, berlanjut ke Wulan sama Della bermain tu. Posisinya, Wulan yang saat itu jadi nenek sihirnya ini coba menculik Della ni dengan cara apapun gitu. Setelah dari situ, Della diculik, Puput yang berperan jadi Ibunya Della ini panik, manggil warga buat cariin Della. Nah, dari sini kita udah merasa enjoy, merasa gak ada apa-apa, dan tetap aja ikutin alur sampai selesai. Akhirnya, pas Della udah ditemuin dan nenek sihirnya mati, ceritanya selesai. Dan itu akhirnya kita plong banget dan gak terjadi apa-apa saat itu. Itu aku bener-bener senang sampe aku becanda sama Reza, Rendy, Hafiz, pokoknya sama yang lain dah. Kebetulan juga mama aku sama adek aku nonton. Itu mereka senang bisa liat aku tampil. Plong deh, Hehehehehehe 😀😀😀. Tinggal nunggu tim terakhir, yaitu tim ke-empat yang ceritanya itu hampir mirip kayak Malin Kundang. Selesai, akhirnya break sebentar dan kita nunggu pengumuman sambil makan snack. Nunggu, nunggu, nunggu, nunggu, akhirnya pengumuman pemenang lomba drama siap diumumkan.

Nah, sebelum mengumumkan tim yang akan menang, salah satu perwakilan juri itu naik kepanggung buat nyebutin 10 pemeran terbaik hasil penilaian juri. Saat itu, ada sekitar 3 orang kalo gak salah dari sekolah aku yang dipanggil ke atas panggung. Ada Della yang aktingnya luar biasa, terus Wulan yang perannya menghayati banget plus suaranya sebagai nenek sihir itu benar-benar ngebass, dan terakhir itu ada Puput yang perannya sebagai Ibu yang nangis itu, membuat juri kagum. Akhirnya, mereka semua maju ke depan, buat terima semacam penghargaan sebagai pemeran terbaik. Nah......., ini dia. Yang kita tunggu-tunggu dari tadi. Pengumuman pemenang lomba drama. Karena waktu itu hanya 4 tim, kalo gak salah itu, dimulai dari juara ke-4. Juara ke-4 itu kalo gak salah yang ceritanya itu tentang anak durhaka semacam Malin Kundang itu. Untuk juara ke-3, itu yang tampil ke dua, yang ceritanya itu tentang orang kaya yang selalu pamer ke orang miskin. Untuk yang juara 2 sama juara 1 ini, agak tegang memang. Hohohohoho. Soalnya, tim yang tampil pertama memang bagus, dan kita juga harap-harap cemas gitu. Akhirnya, pas juri umumin dengan suara yang tegang plus ada drum bandnya gitu kalo di film-film yang reality show di tipi-tipi gitu ( Kan cuman 4 tim bang. Kenapa ada drum bandnya segala 😑😑😑), finally................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................., SD AKU YANG JUARA PERTAMA BRO!!!! HAHAHAHAHA😂😂😂. ITU BENAR-BENAR AWESOME BANGET DAN GAK NYANGKA KALO KITA UNTUK PERTAMA KALINYA JADI JUARA. ALHAMDULILLAH BANGET GAN 😭😭😭. Hehehehehe 😭😭. Akhirnya, Wulan yang jadi perwakilan tim kami, yang ambil piala itu. Setelah selesai, akhirnya kita semua foto-foto dipanggung buat merayakan kemenangan. Amazing banget saat itu.

Seninnya, euforia kita itu belum selesai. Pas selesai upacara, nama kita dipanggil buat terima ucapan selamat dari sekolah, sekaligus menyerahkan piala juara drama kita ke kepala sekolah. Baru deh, pulangnya itu kita dipanggil ke ruangan kepala sekolah buat nonton drama kita. Itu ada yang lucu lah, ngakak lah, dan macam-macam. Hadiahnya dari sekolah adalah, kita dikasih duit, terus duit itu terserah buat apa. Akhirnya, kita makan mie ayam rame-rame dekat kantor kelurahan. Behhhhhhhh, enak bro. Wkwkwkwkkw. Mau gak ??? Wkwkwkwkw 😁😁😁 ( Sombong bet. Mentang-mentang juara. Wkwkwkwkwk 😁😁😁). Tapi, sayangnya aja sih. Tiap kali aku coba nguyah, ketemunya tulang semua. Ya mau gak mau jadinya. Wkwkwkwkw ( BAHAHAHAHAH 😆😆😆). But, itulah yang namanya kenangan yang gak bakal gua lupain seumur hidup gua. Bahkan, pas SMA pun, waktu diminta untuk tugas drama, gua hampir pakai ini cerita yang pernah bikin gua juara. The BEST MEMORIES BEFORE I MOVE.

Dan terakhir, bicara soal pindah itu, rasanya agak sedih gitu. kalo ngebayangin. Waktu papah sama mamah aku bilang kalo kita akan pindah, mungkin gak tau aku harus ngomong apa. Tapi, ya namanya udah keputusan, gak bisa aku bilang enggak mau alias no gitu. Jadinya, aku jadikan tiap waktu aku di kelas itu, sebagai waktu berharga aku sebelum aku pindah. Bahkan, ya............. seminggu sebelum sekolah libur, aku sempat main catur sama Syarif. Terus, ada yang ngasih kenang-kenangan buat aku. Ya......, walau cuman gantungan tas sih yang unyu-unyu. Tetap aku terima sebagai kenangan berharga. Terus, ada lagi yang bikin aku hampir nangis saat itu. Saat aku mau main catur sama Syarif, Reza pernah bilang " Man, maafin aku ya kalo aku ada salah". Saat itu juga, aku kebayang bagaimana saat itu juga, aku udah pergi buat pindah. Dan, klimaksnya itu saat hari sabtu, pas pembagian rapot. Itu aku disuruh sama Bu Sa'diah ke depan buat kasih tau ke teman-teman kalo aku akan pindah. Akhirnya, aku coba bicara dan sekali lagi, aku minta maaf atas segala apa yang pernah aku lakukan. Tapi, derai air mata yang gak bisa aku tahan, bikin aku merasa gak percaya, kalo aku akan pindah dan bisa jadi, ini terakhir kalinya aku ada di sini, dan gak akan merayakan kelulusan bareng teman-teman aku ini. Aku coba tegar, tapi tetap gak bisa nahan. Pelan-pelan sambil narik napas, aku coba ngomong di depannya. Dari Bu Sa'diah aku minta maaf, terus aku keliling sambil salaman dengan teman-teman aku. Banyak diantara mereka yang merasa kehilangan aku, bahkan ada yang nangis seperti gak ikhlas buat aku pergi. Bahkan, aku coba merangkul mereka supaya tetap tenang. Tapi, tangisan aku sama tangisan mereka gak bisa ditahan. Dan di saat itulah, aku pindah dan gak bisa menutup tahun terakhir di SD ku bersama mereka. Belum selesai di situ, aku juga minta maaf sama guru-guru yang lain, bahkan Bu Pur sendiri pun sedih bahkan meluk aku erat-erat kalo dulu aku pernah kasih dia hadiah. Bu Norma juga sama. Pak Windu, Pak Supri, Pak Didin, dan seluruh guru-guru SD ku juga merasa sedih dan berharap, aku bisa menjadi terbaik di sana. Bahkan, Fareno aja sampai minta nomor HP aku biar tetap kontak-kontakan walau aku gak ada di situ. And the last, aku ngurus surat pindah sama Bu As, dan berfoto untuk terakhir kalinya sama Bu As di depan ruangan kepala sekolah. Itu benar-benar sedih dan bikin aku nangis terus.

Akhirnya, say goodbye to My Lovely school, SDN 029, Balikpapan Selatan and say hello to SDS Cendrawasih 2, Jakarta Selatan.

Stay Strong 😢

Stay Spirit 😣

Don't be crying 😭

Cause, they will always remember you 😭😭😭 
Sedih banget dah ngebayanginnya 😢😢😢😭😭😭😭 .

Ya........, mungkin itu adalah semacam kenangan waktu aku SD dulu sama teman-teman aku. Sebenarnya, masih banyak sih yang harus aku ceritain. Tapi, gak semuanya aku bisa ingat. Bahkan, ada beberapa yang waktu itu aku lupa. Tapi, semuanya itu adalah memori terbaik yang pernah aku ingat. Mungkin aku akan cerita lain kali mungkin ya. Heheheheh 😊😊😊.

So, thank you banget  yang udah baca cerita aku dan ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ntar dulu. Kan masih ada ya yang cerita soal kehidupan gua di rumah dulu. Wkwkwkwkwkwk. Belum kelar deng ceritanya. Wkwkwkwkwk ( TAMPOL GAN!!!!😤😤😤😤😁😁😁). Mungkin, aku coba cerita kali ya soal kehidupan aku di lingkungan rumah aku gimana. . Heheheheheh ( S**t u A******** lubang 😑😑😑). Jadinya, ceritanya belum selesai nih alias masih lanjut. Jadi, gua belum ngomong sayonara goodbye apa segala macam ni. Jadinya, kalian liat aja di bawah ini. Kali aja ada terusannya.
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Dikit lagi bro........
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Kurang ke bawah lagi
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Bentar lagi gua mulai ni ceritanya
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-


CONTINUE TO NEXT CHAPTER 😆😆😆😆⇒


WKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWKWKWKWK 😂😂😂😂😂😆😆😆😆😆😆


( BA**************** :V 😒😒😒)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger