Sunday, July 3, 2016

10 HAL UNIK BULAN PUASA ALA INDONESIA

Bentar lagi mau lebaran.
Ngiseng dulu lah. Xoxoxoxoxo


Assalamualaikum nih semua.
Subhanallah ni ya. Gak kerasa bentar lagi udah mau pukul bedug plus ketupat hijau. Maksudnya lebaran onta. Wkwkwkw. Btw, gimana nih yang jalanin puasa. Full sebulan kagak? Atau jangan-jangan ente-ente pada....... ah sudahlah. Itu tidak penting bagi ane. Wokwokwokwok. Yang penting ni, semoga amalan ibadah Puasa ente Inshaa Allah diterima Allah SWT. Amiin.

Nah, karena udah dipenghujung perjalanan, ane mau coba iseng dulu nih. Mau ngebahas 10 hal unik tentang kejadian apa aja yang CUMAN ADA di Indonesia, TAPI GAK ADA di tempat lain, dalam bentuk versi pengamatan ane.  Apa aja ya??? Dari kelamaan, langsung scroll aja ya gan.

1. BARISAN JAMAAH RAPI TERAWEH

( Source : rukun-islam.com ) 
Gak afdol kalo puasa gak di awali teraweh. Bicara soal teraweh, ini adalah satu-satunya sholat sunnah yang hanya ada di bulan puasa doang. Bukan cuman itu aja, kadang sholat teraweh ini adalah satu-satunya sholat paling, paling, paling, paling, paling RAPI di Indonesia. Maksudnya apa???  Bukan RAPI dalam artian shafnya padat, atau masjidnya penuh terus tertib. Bukan. Wkwkwkw. Tapi RAme di awal, lalu sePI di tengah-tengah malam teraweh. Entah kenapa kadang ane bingung, tapi kok bisa gitu ya mesjid yang isi shafnya hampir 10 shaf sampe jamaah lain desak-desakkan, pas ditengah-tengah tau-tau tinggal setengah. Tapi gan. mungkin itu hanya dibeberapa mesjid doang mungkin ya. Kalau ane liat, gak semuanya kayak gitu. Ada juga yang penuh. bahkan hampir full gitu. Semua itu kadang balik lagi, mau dapat pahala gede, atau dapat yang cuman single doang. Xoxoxoxo

2. TAKJIL ON THE EVERYWHERE

( Source : suarajatim.com ) 
Yang namanya bulan puasa tu ya gan, kadang kalo udah ketemu maghrib ni pasti ada aja yang ngasih makanan buat selingan buka gitu. Yap, this is Takjil. Kalo udah ketemua Takjil, biasanya dari golongan mana aja pasti nyari. Gak atas, bawah, sama tengah pasti nguber-nguber terutama anak kos nih yang duitnya sekarat, atau orangnya yang punya prinsip " BULAN PUASA HARUS PUASA DUIT JUGA ". Ya itu adalah kategori ane sih gan. Wkwkwkwk. Tapi, enaknya takjil tu kadang dapatnya cuma-cuma alias gratis. Tapi, kalo tipe kayak ane, harus cari  yang isi takjilnya sesuai dengan harapan ane. Ya gak usah mahal. Pizza satu loyang, Burger K***nger yang bikin pala muter, terus minumnya es campur gitu. Wkwkwkwk. Kalo gitu mah namanya gak tau diri. Wkwkwk. Tapi, seru lo kalo dibalik kita dapat takjil, kita coba beri yang lain. Ada sesuatu yang bikin hati nyeeess gitu. Heheheh

3. NGABUBURIT

( Source : 1001wisata.com )
Hemm, mungkin ini istilah kalo di luar agak sedikit asing. Tapi, kalo di Indonesia sendiri, ini adalah istilah paling populer. Btw, apa sih ngabuburit itu? Ngabuburit itu semacam ngisi waktu buat buka puasa. Jadi, biasanya mereka melakukan kegiatan apa saja sambil nunggu buka puasa tu. Kalo jaman ane dulu kecil gan, ada kali kita bikin permainan sendiri. Bahkan, kalo main tu pasti rame. Gak ada yang main sama dunianya sendiri. Tapi, ngisi gak cuman kayak bikin-bikin game gitu. Enggak. Kadang diisi sama kegiatan positif lain seperti kayak pengajian, belajar, atau yang lain-lain. Trust me lah. Ini hanya ada di Indonesia. Only Indonesia yang ada kayak begini.

4. TADARUS BERJAMAAH

( Source : republika.co.id )
Bicara soal tadarus, ini sama halnya seperti ngaji. Ane gak tau apakah di luar Indonesia, hal seperti in ada apa enggak. Tapi, kalo di Indonesia sendiri sih hal seperti banyak kok ditemuin. Tadarus juga biasanya rame tu kalo di mesjid-mesjid. Kadang, biasanya bikin kelompok lalu tadarus berjamaah sambil tela ah maknanya apa. Tapi, tadarus itu gak perlu terlalu serius. Bisa juga kok gan ente selingin dengan adanya makanan biar gak terlalu bosan juga atau capek juga. Toh, biasanya ini dilakukan setelah sholat tarawih kok gan. Dan juga, bacanya juga harus rileks. Gak usah ngebut. Hohohohoho

5. TAHUN BARU KEDINIAN

( Source : quickmeme.com )
Bulan puasa itu kan kadang ada aja sih yang bikin kesal. Mungkin ini yang terjadi hanya di Indonesia. Pokoknya, bukan bulan puasa kalo gak ada bunyi " derrr!!! ". Yap, bunyi petasan yang gak kalah nyaringnya sama tahun baru seolah-olah bulan puasa tu ada tahun barunya juga. Yang mainin anak kecil pulas -_-. Mana pake acara dilempar lagi. Biasanya, hal yang kayak gini kalo lagi perang sarung atau tawuran remaja, pakenya petasan. Tapi, ALHAMDULILLAH ni ya. Hal semacam itu udah mulai berkurang karena sadar kalo beli-beli kayak gitu, cuman bikin duit habis doang.

6. SAHUR ON THE ROAD

( Source : okezone.com )
Nah, kalo tadi bicara soal Takjil yang ada di buka puasa. Kalo yang ini, pasti semacam acara wajib nih buat komunitas atau lingkungan RT kalo lagi sahur. Sahur on the road namanya. Ini bukan berarti sahurnya di tengah jalan, bukan -_-. Tapi, ini adalah acara sahur dimana dalam acara ini biasanya mereka melakukan bakti sosial. Nah, biasanya mereka mencari pengemis atau orang yang gak mampu untuk diberi makanan agar mereka bisa ikut sahur seperti kebanyakan orang. Tapi, jaman sekarang kalo SOTR disingkatnya, sering dilakukan sebagai ajang pamer-pamer atau istilahnya gengsi anak muda. Entah apa dipikiran mereka, tapi percayalah. Ini hanya ada di Indonesia. Tapi, tidak semuanya sih yang kayak gitu. Memang ada yang melakukan kegiatan bakti sosial tapi, tidak secara frontal alias ikhlas.

7. PESANTREN GLEDEK

( Source : sumsel.kemenag.go.id )
Mungkin kalo liat yang no 7 agak sedikit aneh kali ya namanya. Tapi, kalo pesantren kilat tau kan? Nah, istilah tersebut sengaja aja ane plesetin. Tapi sih intinya sama. Wkwkwkwk. Ini adalah masa yang HANYA ada di Indonesia , dan CUMAN ada di era ente-ente masih sekolah. Kalo udah kuliah mah, kgk ada keless. Hohohoho. Tapi, yang namanya pesantren gledek ini adalah dimana lu itu yang bulan-bulan sebelumnya jadi manusia yang hampir kayak ane ginilah heheheh, jadi santri tapi dalam waktu sehari doang. Di kegiatan ini pun kita diajari tentang agama lebih dalam. Pokoknya seru sih kalo kalian ikut pada masa itu.

8. BUKA TOGETHER FOREVER

( Source : uniqpost.com )
Istilah yang satu ini paling wajib, kudu ada kalo lagi bulan puasa. Hukumnya fardu ain lagi kalo udah bulan puasa. Biasanya, kalo udah jelang yang begini pasti udah deh. Invitation dari segala orang bertebaran dari tanggal, jam sama lokasi. Tapi, kadang aja sih cuman ngerencanain. Ntar ujung-ujungnya pas lebaran, langsung minal aidzin. Tapi, kalo yang kayak gini jadi, udah deh. Puasa dompet ente langsung sirna alias tekor kabeh. Wkwkwkwkw. Tapi, seru sih kalo kalian bisa adain bukber. Ini adalah momen temu kangen . Ini adalah momen temu kangen kalian saat beberapa dari kalian nyasar ketempat lain. Xoxoxoxoxoxo.

9. T2

( Source : suara-islam.com )
T2??? Apaan tuh? Grup nyanyi yang personilnya Tika sama Tiwi itu ? Bukan -_-. Jangan asbut dulu gan. T2 itu maksudnya Tawaf Takbir. Apaan maksudnya? Jadi, kalo dikampung-kampung tuh kalo udah ditentuin yang namanya hari raya lebaran, langsung dah. Mobil pick up, genset, radio atau speaker gede atau yang paling ancur itu toak masjid, dipasang tu. Baru tinggal aksesoris tambahan buat ngerayain kalo hari kemenangan udah tiba. Gak jarang sih seru. Tapi, kadang suka nyebelin aja kalo dipasanganya  dalma volume guede maneh. Pengen rasanya ane sumpel apa gitu. Hadeuuhhh -_-. Sabar wae dah kalo koyok ngene.

10. MUDIK

( Source : saidmuniruddin.com )

Nah, ini nih yang orang tunggu-tunggu. 10 hari sebelum lebaran, pasti udah tuh. Packing segala macam, siapin duit, baru cuss berangkat. Yap, hal inilah yang biasanya terjadi hanya di bulan puasa, dipenghujung akhir pula. Mudik atau dalam istilah jawanya MUleh DiseK yang artinya pulang sebentar ini biasanya dilakukan oleh orang-oran yang ngerantau jauh. Biasanya sih tujuan utamanya adalah kampung mereka sendiri. Berbagai cara mereka bisa lakukan, mulai naik kendaraan sendiri, berjamaah, hingga ada yang jalan kaki. Tapi, intinya mereka mau nyambung silaturahmi dengan keluarga mereka di kampung. Pokoknya enak dah kalo satu keluarga besar udah kumpul. Yang gak ada kampung juga biasanya juga bisa ikut nebeng. Kali aja ada temen mereka yang di daerah tersebut. Atau sekedar jalan-jalan buat tau suasana kampungnya seperti apa sih.

Nah, itu tadi adalah 10 hal unik bulan puasa yang hanya terjadi di Indonesia. Banggalah kalian menjadi anak bangsa karena ternyata anak Indonesia itu kreatif-kreatif. Apa aja mereka lakuin di bulan puasa agar puasa mereka ada kesannya selama satu bulan penuh.Sebenarnya sih, masih banyak lagi. Cuman ane udah capek. Wokwokwok. Butuh istirahat. Hohohohoho.

Untuk saran dan kritik, gak perlu ane jelasin lagi kali ya. Udah tau kan harus bagaimana. Kan kita adalah " WARGA INDONESIA YANG BAIK ". HOHOHOHO

Syukron Jazakumulloh Haiyan Khatsiran

SAMPAI KETEMU DI POSTING SELANJUTNYA!!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger