Monday, March 7, 2016

BREAKING POST : GERHANA MATAHARI, FENOMENA ALAM TERINDAH SEPANJANG MASA


Gerhana Matahari Indonesia
Hai hai hai semua. Apa kabar nih? Semoga tetap baik dan sehat yah gan. Wkwkwkw. Oke, sebelumnya kenapa nih kok judul postingan kali ini ada tulisan breaking post? Mungkin bagi agan agan semua sudah tau dong tentang kabar fenomena alam ini dimana Indonesia kembali mengalami fenomena langka ini setelah terakhir kalau gak salah tahun 2009 yaitu gerhana matahari cincin. Yap, fenomena langka ini kembali terjadi lagi di Indonesia tepatnya hari Rabu, tanggal 9 Maret 2016 dimana bertepatan dengan tanggal merah yang artinya kita semua setidaknya bisa menikmati fenomena ini. Pastinya heboh dong kalau udah dengar kabar semacam ini. Untuk itulah, ane juga tidak mau kalah dan mencoba ikut meramaikan peristiwa ini. Lalu, yang jadi pertanyaannya adalah " Apakah gerhana matahari itu? ". Di postingan ini, ane coba ulas sedikit tentang fenomena luar biasa satu ini. So, cekidotz ni gan...

Gerhana Matahari ( Source : Image Google )

Gerhana matahari atau dalam bahasa ilmiah adalah solar eclipse adalah suatu fenomena alam dimana pancaran sinar matahari ke bumi, terhalang oleh bulan sehingga posisi matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. Hal ini terjadi karena posisi bulan yang lebih dekat ke bumi dibandingkan posisi matahari yang sangat jauh dari bumi dimana perbandingan antara jarak bulan ke bumi dengan matahari ke bumi adalah 384.400 km : 149.680.000 . Hal inilah yang membuat bentuk matahari jika terlihat dari bumi, seperti terlihat gelap karena tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana matahari dibagi beberapa tipe. Ada sumber yang mengatakan 3 tipe. Namun, ada sumber lain yang mengatakan 4 tipe. Tapi pada hakikatnya, sama saja. Apa saja itu? Yuk kita bahas satu satu persatu.

1.      Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total ( Source : Image Google )

Banyak orang menyebut gerhana matahari ini sebagai gerhana matahari sempurna. Kenapa dikatakan sempurna? Ini terjadi dimana permukaan bumi ini masuk ke bayang bayang inti bulan atau biasa yang dikenal umbra. Hal ini juga yang menyebabkan dimana ketika kita melihat dari bumi, bulan tampak seperti lebih besar ataupun sama seperti matahari. Hal ini juga dikarenakan piringan bulan menutupi keseluruhan piringan matahari, sehinggan terjadilah gerhana matahari. Menurut para ahli astronomi, gerhana inilah yang paling lama, dimana gerhana ini berlangsung selama kurang lebih 3 menit – 7 menit.

2.      Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana Matahari Parsial ( Source : Image Google )

Gerhana matahari parsial atau sebagian ini terjadi  saat permukaan bumi ini tertutupi oleh penumbra bulan. Namun, untuk yang satu ini, matahari ini tidak tertutup sempurna oleh bulan sehingga terlihat sebagian saja. Gerhana ini juga lah dimana awal terbentuknya gerhana matahari total dan berakhirnya gerhana matahari total tapi dalam kondisi yang tidak sempurna.

3.      Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari ( Source : Image Google )

Gerhana matahari ini terjadi saat piringan bulan menutupi piringan matahari, tapi tidak seperti total, melainkan berbentuk seperti cincin. Hal ini dikarenakan karena, bulan yang menutupi matahari ini terlihat kecil dari ukuran matahari, dan  posisi bulan sendiri berada dalam titik terjauh dari bumi. Sehingga tidak mengapa ukuran gerhana tersebut terlihat seperti cincin atau ring.

4.      Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana Matahari Hibrida ( Source : Image Google ) 

Mungkin beberapa dari sobat belum pernah melihat, apalagi tahu tentang gerhana ini. Ya, gerhana yang satu ini bisa dibilang gerhana yang paling jarang terjadi. Terakhir, gerhana ini terjadi di wilayah Amerika Serikat, Eropa serta Afrika dengan durasi yang tidak terlalu lama. Tapi, uniknya untuk gerhana ini bisa dibilang gerhana ganda. Kenapa ganda? Karena ketika pada satu tempat dia mengalami gerhana matahari total, maka ditempat lain akan mengalami gerhana matahari cincin. Itulah mengapa bisa disebut gerhana matahari ganda. Namun, sekali lagi. Gerhana ini sangat jarang terjadi sehingga beberapa sumber banyak yang tidak mencantumkan gerhana ini ke dalam bagian gerhana matahari pada umumnya.

Itulah beberapa macam gerhana yang terjadi di muka bumi ini. Mungkin beberapa dari kita pastinya ingin melihat gerhana matahari secara langsung. Apalagi tahun ini, negara Indonesia akan mengalami gerhana matahari. Tapi taukah sobat. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa, apabila kita melihat langsung, dapat menyebabkan buta permanent. Hal ini disebabkan bahwa retina dimata kita langsung berkontraksi dengan radiasi yang tidak dapat dilihat oleh kontak mata secara langsung. Tapi, tenang. Ada beberapa cara yang dapat membuat kalian mampu melihat gerhana tanpa panik untuk melewatkan momen tersebut. Antara lain :

1     1.  Menggunakan kacamata khusus gerhana matahari.
      Untuk kacamata khusus ini, mungkin sobat semua bisa beli di beberapa toko-toko yang menjual  kacamata khusus ini. Tapi, mungkin yang namanya gerhana terjadi beberapa tahun sekali, mungkin  barang ini bisa jadi akan jadi barang yang disimpan di gudang dan akan berdebu untuk beberapa  tahun nanti.

2    2.  Menggunakan cermin
Solusi kedua yaitu menggunakan metode yang satu ini. Metode ini digunakan dengan cara mengarahkan cermin ini ke posisi matahari terkena gerhana dan kalau tidak mau ribet, kalian bisa letakkan di tanah tapi posisikan dimana gerhana terjadi.

3    3.  Menggunakan air jernih
Metode ketiga ini adalah metode yang paling simpel. Yang kalian butuhkan hanya 2, yaitu baskom yang tidak terlalu kotor alias bersih dan air jernih sejernih air yang tidak tercemar apapun. Caranya sama seperti cermin. Arahkan saja ketempat dimana gerhana itu terjadi dan kalian bisa liat dari air tersebut. Yang jadi masalahnya adalah volume yang digunakan tidak boleh sedikit. Ya kurang lebih ¾ dari volume ember alias hampir penuh.

Source :

Ya, itulah tadi sedikit pembahasan mengenai gerhana matahari yang akan terjadi. Intinya, jangan pernah kita sebagai manusia ini menghubungkan fenomena ini dengan kejadian kejadian yang setidaknya itu belum terjadi. Ingatlah satu hal. Ini adalah bukti bahwa Sang Khalik lah yang mengatur segalanya sehingga kita sendiri bisa menikmati fenomena langka yang satu ini. Dan, ini juga mengingatkan kita bahwa kita harus tetap ingat bahwa Dialah segala sesuatu yang menciptakan apapun dalam sekejap mata.

Terakhir dari ane, tetap minta selalu yang namanya saran, kritik ataupun komentar. Tapi, tetap gunakan bahasa yang baik yah. Agar orang lain tau kalau kita ini “ WARGA INDONESIA YANG BAIK”. Dan, untuk teman teman yang mau copas, selalu ingat untuk cantumkan sumbernya. Ini sebagai langkah kita untuk menghargai karya orang lain agar kita juga dapat dihargai oleh orang lain.

Penutup dari ane yaitu:

TERIMA KASIH DAN SAMPAI KETEMU DI POSTING BERIKUTNYA :D

Post In : March, 8 2016

Last 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger